Kategori: Tips

Tetap Aman Berenang di Kolam Renang Umum dengan Protokol Kesehatan Ini


Solopos.com/Nugroho Meidinata

Solopos.com, SOLO -- Meski Organisasi Kesehatan Dunia, WHO memastikan Covid-19 tidak menyebar melalui air, masyarakat tetap harus menjaga protokol kesehatan saat berada di kolam renang.

Tak hanya WHO, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC juga mengatakan hal yang sama.

Jemaah Salat Pun Disisir demi Pembiasaan 3M di Masjid Al Falah Sragen

Dilansir Bisnis.com, CDC menjelaskan hingga saat ini tak ada bukti bahwa Covid-19 dapat menyebar ke manusia di kolam renang umum.

Akan tetapi, mereka dan pemerintah tetap meminta masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat selama berada di kolam renang.

Pakai Semangat Hari Guru, SMP Negeri 7 Solo Implementasikan Merdeka Belajar

Protokol Kesehatan di Kolam Renang

Berikut ini beberapa protokol kesehatan yang harus ditaati pihak pengelola maupun pengunjung kolam renang maupun pengunjung, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Warga berenang di Kolam Renang Tirtomoyo Manahan Jl. Menteri Supeno No.14, Manahan, Banjarsari, Solo, Senin (3/8/2020). (Solopos-Wahyu Prakoso)

Jelang Pemungutan Suara Pilkada, Boyolali Sudah Lipat Surat Suara

1. Memastikan air kolam renang menggunakan disinfektan berbahan clorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm sehingga pH air mencapai 7,2 - 8. Hal tersebut dilakukan setiap hari dan hasilnya diinformasikan di papan informasi agar diketahui pengunjung.
2. Melakukan pembersihan dan disinfeksi terhadap seluruh permukaan sekitar kolam renang, seperti tempat duduk, lantai, dan lain sebagainya.
3. Menerapkan jaga jarak di ruang ganti.

Dukungan Global Fund Berakhir, Aisyiyah Mandiri Tangani Tuberkulosis

4. Memastikan tamu yang akan menggunakan kolam renang dalam keadaan sehat, dengan mengisi form self assesment risiko Covid-19. Bila dari hasil tes tersebut masuk dalam kategori risiko besar, pengunjung yang bersangkutan dilarang untuk berenang.
5. Batasi jumlah pengguna kolam renang agar dapat menjaga jarak.

Cegah Klaster Baru, PDIP Fasilitasi Rapid Test untuk 1.231 Saksi Pilkada 2020

6. Menggunakan semua peralatan pribadi masing-masing.
7. Menggunakan masker sebelum dan setelah berenang.

Dikira Sudah Meninggal, Laki-Laki ini Hidup Lagi Saat Akan Diformalin

Share