SOLOPOS.COM - PROTES -- Tampilan Wikipedia dalam rangka protes terhadap RUU antipembajakan di internet di AS. (JIBI/SOLOPOS)

PROTES -- Tampilan Wikipedia dalam rangka protes terhadap RUU antipembajakan di internet di AS. (JIBI/SOLOPOS)

WASHINGTON – Coba Anda buka situs ensiklopedia Internet yang sangat terkenal, Wikipedia, khususnya yang edisi bahasa Inggris sekarang ini. Situs itu memang akan membuka seperti biasa, namun dengan segera akan berganti tampilan dengan latar belakang warna gelap. Tulisan “Imagine a world without free knowledge” (bayangkan dunia tanpa pengetahuan yang bebas) akan terpampang di sana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Inilah aksi Wikipedia serta sejumlah situs lain seperti Reddit dan situs blog BoingBoing dalam rangka memrotes RUU Penghentian Pembajakan Dalam Jaringan (Stop Online Piracy Act, SOPA) dan RUU Perlindungan Hak Atas Kekayaan Intelektual (Protect Intellectual Property Act, PIPA) yang masih dibahas di Kongres (parlemen) AS. Seperti dikutip dalam news.yahoo.com, UU itu memungkinkan Departemen Kehakiman AS dan pihak yang mengaku dirugikan meminta perintah pengadilan untuk memaksa perusahaan mesin pencari memblokir hasil pencarian dalam jaringan (daring) yang dinilai mengarah ke pembajakan hak cipta.

Google.com juga bergabung dalam kampanye unik ini. Dalam tampilannya logo Google juga terlihat gelap dan ada tautan ke petisi daring yang mendesak agar Kongres tidak menyetujui upaya sensor terhadap internet. Sebaliknya, RUU itu didukung kalangan industri musik dan film.

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales menyatakan situs tersebut akan tetap netral meski kali ini menyatakan keberpihakan dalam suatu isu. “Ensiklopedia ini akan tetap netral sampai kapan pun. Namun masyarakat tidak bisa diam saja saat ensiklopedia ini terancam,” tegasnya dalam akun Twitter-nya. Yayasan Wikimedia yang menjadi pengelola situs mengumumkan rencana blackout yang berlangsung selama 24 jam sejak Selasa tengah malam waktu AS ini Senin lalu. Mereka melakukannya setelah menggelar jajak pendapat di kalangan para penyunting dan sukarelawan penyumbang naskah utamanya, dan mendapat tanggapan dan dukungan dari 1.800 orang.

JIBI/SOLOPOS/ R Bambang Aris Sasangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya