SOLOPOS.COM - Donald Trump (Reuters)

Aksi protes menolak Donald Trump sebagai presiden merebak di berbagai negara bagian di AS, 15 orang ditahan.

Solopos.com, JAKARTA — Ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di sejumlah kota di Amerika Serikat untuk memprotes kemenangan Donald Trump pada pemilihan presiden setelah mengalahkan Hillary Clinton.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Di antara para pendemo, banyak yang meneriakkan slogan “Trump bukan presiden saya”. Sedangkan sebagian lainnya membakar boneka Trump.
Presiden Barack Obama, yang pernah menyebut Trump tak layak menjadi presiden, mendesak rakyat Amerika menerima pilpres yang digelar hari Selasa (8/11/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Meski Obama sudah mengeluarkan seruan, protes tetap digelar di berbagai kota di AS. Di New York, ribuan orang berjalan menuju Trump Tower untuk memprotes kebijakan Trump yang terkait dengan imigrasi, hak kaum gay, dan hak memiliki keturunan. New York Times memberitakan polisi menahan 15 orang dalam aksi tersebut sebagimana dikutip bbc.co.uk, Kamis (10/11/2016).

Aksi protes secara umum berjalan tertib, akan tetapi di Oakland, California, beberapa demonstran memecah kaca toko dan melempar benda ke polisi antihuru-hara yang dilaporkan membalas tindakan tersebut dengan menembakkan gas air mata. Baca juga: 5 Kunci Kemenangan Donald Trump, Lawan Parpol & Kemapanan.

Di Los Angeles, demo besar membuat jalan masuk utama ke Los Angeles ditutup. Di Chicago, massa memblokir pintu masuk Trump Tower seraya meneriakkan yel-yel anti-Trump. Baca juga: Jungkirkan Hasil Survei, Donald Trump Presiden Baru AS.

Di Portland, Oregon, peserta demonstrasi sempat menutup perempatan jalan bebas hambatan. Aksi unjuk rasa juga berlangsung di Philadelphia, Boston, Seattle, San Francisco, dan beberapa kota lain.

Ketika menyampaikan pidato kemenangan pada Rabu pagi, Trump berjanji mengobati luka yang disebabkan oleh perbedaan pilihan di pilpres.
Pengusaha properti dari New York ini juga berjanji akan menjadi presiden bagi seluruh rakyat Amerika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya