SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Toronto–Penyelenggaraan KTT G8 dan KTT G20 memunculkan demonstrasi dari berbagai elemen di Toronto, Kanada. Bentrokan antara demonstran dan polisi pun tak terhindarkan. Sejumlah mobil polisi dibakar massa.

Pemantauan, Sabtu (26/6), aksi demonstrasi ini dipusatkan di sekitar Queen’s Park. Di taman yang tampak teduh karena dipenuhi dengan pepohonan yang rindang ini, massa sudah mulai tiba sejak pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Semula aksi berjalan damai. Banyak elemen yang terlibat demonstrasi. Termasuk massa yang menginginkan kebebasan bicara  di Myanmar. Mereka memasang banyak spanduk yang meminta pemerintah Kanada membantu demokrasi di Myanmar.

Para aktivis pemrotes KTT G8 dan KTT G20 juga hadir. Sejak pagi, kawasan Queen’s Park juga telah dipenuhi wartawan. Beberapa stasiun televisi besar seperti CNBC dan CNN melakukan siaran langsung dari kawasan itu.

Demonstrasi semakin memanas pada siang dan sore hari. Selain memenuhi Queen’s Park, massa juga memadati Queen’s West Street.

Akhirnya, bentrokan antara demonstran dengan polisi tak terelakkan. Saling serang antara massa dengan aparat berlangsung. Massa membakar sedikitnya dua mobil polisi dan empat sepeda motor polisi.

Hingga pukul 21.00 waktu Toronto, ketika Matahari baru saja tenggelam, situasi di lokasi sudah bisa dikendalikan aparat. Namun, aparat polisi masih menjaga ketat lokasi itu. Polisi menahan beberapa demonstran untuk diinterogasi.

Walikota Toronto melalui televisi Kanada menyesalkan bentrokan yang terjadi. Dia meminta agar para demonstran anarkis tidak masuk Toronto.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya