SOLOPOS.COM - Tangkap layar serangkaian prosesi siraman Erina Gudono di Purwosari, Sleman, Jumat (9/12/2022). (Istimewa/Vidio.com).

Solopos.com, SLEMAN — Salah satu rangkaian pernikahan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep yang cukup menarik yakni penanaman rambut kaesang di pekarangan rumah Erina. Prosesi itu dilakukan saat rangkaian siraman di kediaman Erina Gudono, Purwosari, Sleman, Jumat (9/12/2022).

Utusan dari Solo, Sri Roso Sudarmo, menceritakan ia berangkat dari Keraton Solo dan membawa potongan rambut Kaesang. Rambut tersebut kemudian diserahkan kepada keluarga Erina dan akan ditanam di petamanan atau diplatar rumah Erina Gudono.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Potongan rambut Kaesang diterima oleh Pakde Erina, Suhaimin. Harapan dari penanaman rambut tersebut yakni Mikul Dhuwur Mendhem Jero atau kearifan lokal untuk menjunjung tinggi kebaikan orang tua dan merahasiakan semua keburukannya.

Dilansir dari Vidio.com, Sebelumnya, prosesi siraman dimulai dengan pemasangan bleketepe oleh Kakak laki-laki Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono. Allen menggantikan mendiang ayahnya, Mohammad Gudono, memasang bleketepe atau anyaman dari daun kelapa di depan rumah.

Baca juga: Kaesang Pangarep Menikah, 15.000 Relawan Pendukung Jokowi bakal Banjiri Solo

Setelah itu baru dilanjutkan dengan prosesi siraman. Ibunda Erina Gudono, Sofiatun Gudono Mengawali prosesi siraman untuk putrinya Erina Gudono di Purwosari, Sleman, Jumat (9/12/2022).

Siraman kemudian dilanjutkan dengan enam tamu undangan lainnya yakni Istri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Hemas; istri Paku Alam X, GKBRAy Atika Purnomowati; istri Mensesneg Pratikno, Siti Faridah Pratikno; Sutati Muhaimin; Zulaikha Surenggane;  serta Nyai Hj Fatimatuz Zahro.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka mengatakan air untuk siraman Kaesang diambil dari tujuh tempat yakni dari rumah eyang, rumah sendiri, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan Pura Mangkunegaran.

Lalu dari Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, dan mata air di Pengging, Boyolali. Menurut Gibran, tidak ada tamu undangan pada prosesi adat siraman jelang pernikahan Kaesang itu. Tradisi itu hanya diikuti keluarga Presiden Jokowi.

Baca juga: Potret Jokowi Pasang Bleketepe Awali Prosesi Siraman Nikahan Kaesang di Solo

Sementara, di Solo, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo.

Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang.

Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu yaitu Prof. Mahfud Md., Luhut Binsar Pandjaitan, Retno Marsudi, Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

Selepas itu, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

Baca juga: Kirab Pengantin Jawa, Simbol Kedekatan Penguasa & Rakyat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya