Properti yang Pas Bikin Anak Betah Belajar

Solopos.com, SOLO -- Pendaftaran sekolah sudah dimulai, sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru. Selain perlengkapan sekolah, ada baiknya juga menyiapkan tempat belajar untuk anak. Jika tidak memiliki ruang kosong untuk tempat belajar, kamar tidur pun bisa dimanfaatkan untuk keperluan tersebut.

Seperti yang dilakukan Nisya, warga Perumahan Wonorejo, Karanganyar, dan Enik Wahyuningsih, warga Jl Tarumanegara Utama, Banyuanyar, Solo. Keduanya menciptakan tempat belajar bergabung dengan kamar tidur anak.

“Yang penting ada tempat belajar untuk anak agar bisa fokus. Selain itu tidak pindah-pindah tempat sehingga buku pelajaran dan peralatan sekolah tidak berserakan atau berceceran,” terang Nisya.

Selain meja belajar dan kursi, menurut Nisya, penerangan juga harus cukup agar anak mudah membaca buku pelajaran dan tidak merusak mata. Kemudian karena saat ini ada pandemi corona, bisa dilengkapi dengan laptop sebagai pendukungnya. Untuk buku bisa ditempatkan di rak yang sudah disediakan.

“Agar tetap rapi, biasakan anak untuk menata kembali peralatan sekolah setelah selesai belajar. Perhatikan kebersihan dan kenyamanan tempatnya, agar anak betah belajar,” ujar ibu dari Fathir, siswa kelas V SD Muhammadiyah Solo ini.

Ditambahkan Enik, tempat belajar yang menyatu dengan kamar tidur kadang membuat anak malas-malasan. Tentu orang tua selain mengawasi anak selama proses belajar juga harus pandai-pandai menyiasatinya.

“Kalau saya mempertimbangkan sirkulasi udara di kamar tidur anak agar tetap segar, karena ini juga berpengaruh pada mood belajar anak. Tempatkan meja belajar dekat jendela selain udara segar, juga pencahayaan cukup di siang hari,” ujar Enik kepada Espos.

Saat malam hari, pencahayaan harus bagus bisa dengan menempatkan lampu belajar di meja. Agar udara tetap sejuk, lanjutnya bisa memanfaatkan AC atau kipas angin sehingga anak tetap nyaman saat belajar. Biasakan pula anak merapikan meja belajarnya, karena ini juga memberikan efek semangat. Hal itu juga melatih anak bertanggung jawab.

“Anda bisa juga menggunakan aroma terapi untuk membuat suasana belajar anak semakin nyaman. Seperti aroma terapi lavender, bisa juga aroma peppermint untuk menambah semangat belajar. Atau merubah tata letak perangkat belajar termasuk mengganti cat dinding agar anak tidak bosan,” tutur Enik.

National Sales Manager Margo Murah Baru, Andreas Fauzi, kepada Espos, mengatakan menyediakan tempat belajar membuat anak lebih berkonsentrasi. Sebaiknya sediakan anak meja belajar yang sesuai kebutuhan, karena ini membuatnya tidak cepat lelah.

Meja belajar biasanya dilengkapi lemari dan rak untuk menyimpan. Menurut Andreas, ini memudahkan anak menemukan peralatan belajarnya. Sehingga tidak harus mencari ke tempat lain, ini tentu membuat anak tetap fokus belajar.

“Dengan memiliki meja belajar dan tempat belajar, anak juga diperkenalkan dengan dunia kerja. Karena saat sekolah sudah terbiasa menggunakan meja belajar, saat kerja tidak kaget menggunakan meja kerja,” jelas Andreas di Toko Margo Murah Baru, Jl dr. Moewardi No. 21, Kota Barat, Solo.

Di toko Margo Murah Baru Kota Barat, kata Andreas, tersedia beragam meja belajar yang sesuai keinginan anak. Harga meja belajar beragam, mulai Rp550.000/unit hingga Rp1,2 juta/unit. “Jangan lupa lengkapi dengan lampu belajar,” imbuhnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom