SOLOPOS.COM - Ilustrasi membatik (JIBI/Solopos/Dok.)

Pameran membantu membangun jaringan

Harianjogja.com, JOGJA-Media sosial banyak dimanfaatkan para pengusaha sebagai sarana promosi produk yang efisien. Meski begitu, ajang pameran yang menekankan pada interaksi langsung dengan para calon konsumen masih dianggap tidak kalah efektif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengusaha Batik Abstrak CreativeBatik Khaleili Nungki Hashifah mengaku memang merintis usahanya dengan mengandalkan promosi via media sosial facebook. Namun, batu loncatan pertama bagi bisnisnya adalah kesempatan mengikuti pameran gratis di Jakarta pada 2011 lalu. Hingga ini, Nungki masing cukup sering menjadi peserta acara pameran, baik di Jogja maupun luar daerah.

Menurut Nungki, pameran membantunya membangun jaringan pemasaran meskipun memang membutuhkan waktu, tenaga, dan juga terkadang biaya yang tidak sedikit. Dia banyak mendapatkan konsumen dan pelanggan potensial. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang kemudian menyempatkan diri untuk datang langsung ke galeri CreativeBatik di Selokraman, Kotagede, Jogja.

“Misalnya kita ikut pameran di Jakarta. Nanti di lain waktu, mereka sengaja datang ke galeri untuk beli banyak,” kata Nungki, saat dihubungi pada Jumat (26/1/2018).

Manfaat besar dari acara pameran juga dirasakan Siti Khanifah, pemilik bisnis pakaian perempuan bermerek Skhay. Khanif sudah lebih dari enam bulan ikut pameran di Galeria Mall. Kegiatan yang difasilitasi Pemkot Jogja tersebut bahkan diperpanjang hingga akhir 2018. “Itu menguntungkan banget karena gratis. Kita cuma perlu iuran sama pengusaha lain untuk bayar beberapa pegawai untuk jaga pameran,” ujar Khanif.

Khanif memang mengandalkan media sosial instagram sebagai sarana promosi. Namun, pameran telah membantunya merangkul konsumen yang barangkali masih ragu dengan transaksi daring. Di sisi lain, dia sendiri merasa beruntung karena belum bisa membuka toko atau galeri sendiri. “Kadang ada yang enggak mantap kalau cuma lihat gambarnya,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya