Kategori: Boyolali

Prokes Pasar Tradisional Boyolali Dipantau Siapa?


Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi

Solopos.com, BOYOLALI — Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di setiap kecamatan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah terus melakukan pemantauan protokol kesehatan warga. Tim Satgas Penanganan Covid-19 Boyolali terus melakukan edukasi kepada warga mengenai penerapan prokes, termasuk prokes di pasar tradisional yang menjadi lokasi sasaran kegiatan itu.

Aparat gabungan dari Koramil 10/Sambi dan anggota Polsek Sambi, Kamis (4/2/2021), melaksanakan kampanye pemakaian masker dan protokol kesehatan di Pasar Sambi. Pada kegiatan itu juga disampaikan adanya Surat Edaran Guber Jawa Tengah tentang Gerakan Jateng di Rumah Saja yang berlangsung 6-7 Februari.

Baca Juga: Bertahan di Peluang Bisnis Nasi Biryani

Pada kegiatan itu petugas berkeliling pasar sambil membawa poster bertulisan Ayo Pakai Maskermu, Maskermu Lindungi Aku, Maskermu Oindungi Kamu. Kepada para pengunjung pasar, para petugas juga menyampaikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Sebab dengan protokol kesehatan, potensi penularan Covid-19 bisa ditekan.

Hal serupa juga dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Karangede. Pada Rabu (3/2), anggota Koramil 16/Karangede bersama Polsek Karanggede melakukan kegiatan Patroli PPKM dan membagikan masker gratis kepada penjual dan pembeli yang kedapatan tidak memakai masker di pasar tradisional Karanggede, Kecamatan Karangede. Selain itu mereka diberikan pemahaman pentingnya protokol kesehatan.

Rutin Memantau

Tim gabungan secara rutin memantau kegiatan di pasar tradisional dengan melaksanakan operasi yustisi terkait pelaksanaan prokes di dalam pasar di Boyolali. Hal itu dilakukan untuk mencegah kerumunan di dalam pasar dan penerapan protokol kesehatan agar berjalan lebih baik.

"Melalui operasi yustisi ini harapannya di Pasar Karanggde tidak ada klaster baru jadi semuanya disiplin menerapkan 5 M [Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilitas], " kata Serka Rumeni, dari Koramil 16/Karanggede, dalam keterangan tertulis yang diterima Espos, Kamis.

Baca Juga: 7 Tanaman Ini Kata Fengsui Bawa Hoki & Kekayaan

Sebelumnya, Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond, mengatakan penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat masih perlu terus diingatkan. Sejauh ini tim gabungan dari Polres Boyolali, Kodim Boyolali dan Satpol PP Boyolali terus melakukan patroli protokol kesehatan. Kemudian dalam beberapa hari terakhir hal itu semakin digiatkan, terutama di pasar-pasar tradisional.

Menurut Morry, pasar merupakan pusat kegiatan ekonomi rakyat. "Kegiatan ini juga dilakukan di setiap Polsek. Terutama yang ada pasarnya, yang menjadi perhatian kami," kata dia belum lama ini  Dia berharap dengan penerapan protokol kesehatan, masyarakat bisa terhindar dari Covid-19. Meski vaksinasi saat ini sudah dilakukan, namun protokol kesehatan harus tetap dijalankan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share