SOLOPOS.COM - Progres pembangunan Gedung Parkir dan Taman Plaza Tahap II,di Gabusan, Jombor, Bendosari, Sukoharjo pada Selasa (6/6/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Bupati Sukojarjo, Etik Suryani, dan Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, beserta sejumlah jajaran mengecek tiga proyek strategis yang sedang dibangun di Sukoharjo pada Selasa (6/6/2023). Ketiganya yakni Proyek Gedung Parkir dan Taman Plaza Tahap II, Taman Budaya Sukoharjo, dan juga Gedung Olah Raga (GOR) Tipe B Sukoharjo.

Pada pekan ke-14, ketiga proyek tersebut terpantau melampaui target tahapan. Bahkan pelaksana proyek tersebut optimis pengerjaan proyek tersebut bakal rampung sebelum tenggat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelaksana Lapangan PT Maman Putra Brayan, Akhmad Hidayat Nur Riza, mengatakan proyek yang ia tangani kini sudah melampaui progres dengan capaian 32% dari target 30%. Bahkan, pihaknya merencanakan pengerjaan proyek tersebut akan selesai pada September 2023 meskipun dalam kontrak berakhir pada November 2023.

“Kami sedang melaksanakan pekerjaan struktur yang paling diutamakan, untuk menampung sekitar 226 motor dan 201 mobil dengan melibatkan 50-60 pekerja. Kami mengerjakan dari Senin-Minggu hingga pukul 22.00 WIB,” jelas Riza saat ditemui di lokasi pengerjaan proyek.

Ia mengatakan pada awal pengerjaan fondasi sempat terkendala hujan, selain itu sempat tertunda selama 10 hari karena ada perubahan pada struktur gambar. Tetapi menurutnya hal tersebut tidak menjadi masalah, karena pengerjaan proyek kini berjalan lancar.

Ia membeberkan saat ini pihaknya tengah melakukan pemadatan tanah untuk pengaspalan, lantaran bangunan yang akan dibangun tersebut berdiri di bekas gedung dan tanah yang cukup labil. Saat ini sudah ia mengaku tengah mengejar pengerjaan struktur untuk kemudian mengerjakan arsitektur.

Sementara itu, Konsultan Pengawas PT Duta Bhuana Jaya, Ari Nuriana, menyebut progres pembangunan Taman Budaya Sukoharjo saat ini mencapai 24,922%. “Ada deviasi positif 15,1% dari rencana 9,83%. Kami mengejar dan mengawal agar tidak ada keterlambatan dan terjadi sesuatu di belakang. Pelaksana proyek juga telah punya effort yang tinggi menyelesaikan ini,” terang Ari seusai mengantarkan rombongan bupati berkeliling mengecek proyek.

Saat ini menurutnya proyek tersebut berjalan lancar bahkan dari sisi sosialisasi masyarakat, mengingat taman budaya tersebut menurutnya sudah dinanti warga Sukoharjo. Saat ini pihaknya sedang mengawasi pengerjaan struktur keseluruhan dari empat bangunan. Yakni pendapa, dan bangunan pendukung lainnya yakni ruang untuk ganti, galeri dan teater.

“Secara schedule kontrak 24 November 2023 tetapi mudah-mudahan secara struktural lebih cepat sehingga tinggal menggarap arsitek dan landscapenya saja,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho mengatakan progress pengerjaan Gedung Olah Raga (GOR) Kabupaten Sukoharjo telah mencapai 25,689%. Jumlah tersebut menurutnya melebihi 13,810% dari target sebanyak 11,880%.

Pada pekan ke-14 tersebut pekerja tengah berusaha merampungkan pengerjaan tribun, pengerjaan struktur atas, dan pengerjaan instalasi mechanical, electrical and plumbing/MEP.

Ia mengatakan banyak pekerjaan yang bisa dilaksanakan bebarengan. Lebih lanjut katanya kapasitas tribun yang tengah dibangun itu mencapai 2.500-3.000 orang. GOR tersebut nantinya ditargetkan bisa digunakan event skala nasional.

“Bisa jadi nanti digunakan Proliga. Ada basket, bulutangkis, dan voli. Kalau kendala pasti ada apalagi proyek besar, tetapi kami pasti akan mencari solusi dan mekanisme untuk mengatasi kendala. Kami juga sudah melacak GOR ke Aceh dari pelaksana proyek yang sama saat verifikasi proses pengadaan,” terang Aji.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengatakan keseluruhan progress proyek tersebut berjalan baik. Bahkan selama pelaksanaan tiga bulan ini ketiganya sudah memenuhi persyaratan.

“Harapan kami Desember 2023 pertengahan sudah selesai. Pelaksana, perencana dan MK harus satu kata jujur dan kompak saling bekerjasama dengan baik,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya