Progres 20%, Pembangunan Kembali Pasar Legi Solo Diprediksi Selesai 2 Bulan Lebih Cepat
Pembangunan kembali Pasar Legi Solo hingga 19 Februari 2021. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Proyek pembangunan kembali Pasar Legi Solo yang terbakar pada Oktober 2018 lalu diperkirakan selesai September 2021. Perkiraan itu lebih cepat dari target seharusnya, November 2021.

Hingga pekan terakhir Februari, pembangunan Pasar Legi sudah mencapai 20%. Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Heru Sunardi, mengatakan Blok A telah selesai dibangun. Sementara Blok B sudah 80% serta Blok C dan D sudah memasuki tahap pengecoran.

“Dari target 16%, pembangunan sudah 20% pada pekan ini. Sehingga terdapat deviasi positif sebanyak 4%. Pelaksana janji selesai dua bulan lebih cepat [dari target],” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga: Jadi Wali Kota Solo, Gibran Ternyata Masih Punya Utang KPR, Ini Nilainya

Heru mengatakan pembanguna kembali Pasar Legi Solo dimulai pada November 2020 lalu. Sedianya proyek dikerjakan dalam 13 bulan.

Bangunan baru dibikin tiga lantai dengan konsep green building di lahan seluas 20.100 meter persegi, sementara luas bangunannya mencapai 10.200 meter persegi. Pagu anggarannya senilai Rp104 miliar.

“Konsep green building diharapkan mampu meminimalkan penggunaan daya listrik dan lainnya sehingga lebih ramah lingkungan. Desain dibuat agar memiliki sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang baik, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga: Jual Miras Impor Di Toko Kelontong, Perempuan Jebres Solo Dibekuk Polisi

300 Kios

Pembangunan kembali Pasar Legi Solo itu mengakomodasi 300 kios dan 1.932 los. Heru menyampaikan musim penghujan tak menjadi kendala proses pembangunan lantaran pelaksana sudah menyiapkan skenario pengerjaan yang tidak terdampak hujan.

Sementara distribusi alat berat maupun material pembangunan dilakukan pada malam hari sehingga tidak terhambat area sekitar Pasar Legi yang kerap macet. Ia berharap apabila pasar selesai dibangun September, pedagang sudah bisa menempati kios dan losnya masing-masing pada Oktober.

Baca Juga: 2 Hajatan Dibubarkan Tim Gabungan Pemkab Boyolali, Sejumlah Orang Dites Antigen

Proyek pembangunan kembali Pasar Legi dikunjungi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, pada Jumat (26/2/2021). Dalam kunjungan itu, Gibran menyebut bakal kembali berkunjung dua pekan lagi untuk mengecek perkembangannya.

“Pokoknya semua [pedagang] harus masuk sesuai zonanya. Di sini tercatat ada 300 kios dan 1.932 los,” katanya saat kunjungannya, Jumat.



Berita Terkini Lainnya








Kolom