Program Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Ini Loh Efeknya Buat Masyarakat
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Program  vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah dimulai pada hari ini, Rabu (13/1/2021). Presiden Joko Widodo menjadi oraang pertama yang disuntik vaksin.

Program ini akan dilakukan di semua wilayah Indonesia dengan sasaran masyarakat umum secara bertahap. Lantas, apa efek dari program vaksinasi kepada masyarakat?

Epidemiolog Universitas Padjadjaran (Unpad) dr Panji Fortuna mengungkapkan ada beberapa perubahan yang terjadi setelah masyarakat menerima vaksin Covid-19. Mulai dari tidak perlu isolasi mandiri hingga pembentukan kekebalan tubuh.

Hal terpenting dari program ini adalah mengurangi tingkat kematian dan kesakitaan akibat infeksi Covid-19.  "Yang pasti, paling cepat, adalah vaksin dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian," ujar Panji dalam keterangannya, Rabu (13/1/2021) seperti dilansir Detik.com.

Cabuli 7 Remaja Laki-Laki, Paranormal Wonogiri Ngaku Pernah Jadi Korban Pencabulan

Dia menjelaskan orang yang telah disuntik vaksin tidak perlu melakukan isolasi mandiri, namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

"Tapi kan pasti ada yang nanya, kan sudah divaksin kenapa masih pakai masker? Jawab saja, lebih baik dobel perlindungan daripada singel," tuturnya.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menganggap vaksin sebagai obat untuk menyembuhkan infeksi Covid-19. Program vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah penyakit, bukan menyembuhkan pasien positif. Selain itu, kekebalan kelompok yang diciptakan oleh vaksinasi juga tidak bisa dibentuk dalam waktu sekejap.

"Kekebalan kelompok paling tidak, butuh waktu setahun dari sekarang karena harus mencakup 70 persen penduduk. Vaksin dapat mencegah sakit tapi tidak mencegah penularan. Kalau penularan (masif) terjadi, herd immunity tidak akan terjadi," sebutnya.

Tenang! Yuk Siap-Siap Divaksin Covid-19

Lebih lanjut Panji menyebut orang yang positif Covid-19 atau sebelumnya pernah terinfeksi tidak perlu melakukan vaksinasi. Tetapi bisa saja ada orang yaang divaksin dalam kondisi positif Covid-19 tanpa diketahui.

Sejauh ini vaksin Covid-19 dinyatakan aman dan tidak menimbulkan efek samping buruk. Hanya saja tubuh penerima vaksin bakal mengalami reaksi setelah disuntik mulai dari nyeri, demam, hingga muncul ruam-ruam di kulit.

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom