SOLOPOS.COM - Ilustrasi Naskah beraksara Jawa (mmzrareibooks)

Solopos.com, SOLO – Berbeda dengan sejumlah stasiun TV swasta yang marak dengan sinetron yang mengadaptasi film asing, TVRI akan menyiarkan Babad Tanah Jawa. Tayangan yang dikemas dalam format sinetron ini akan jadi program unggulan di tahun 2015.

Populasi tayangan televisi berbasis cerita daerah sudah jarang terdengar. Terakhir tayangan serupa Angling Dharma muncul di TV dalam kemasan visual effect lebih menarik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sayangnya respons netizen tak begitu postitif. Tayangan semacam ini dicibir lantaran memasukan unsur-unsur yang dianggap menggelikan. Misalnya kemunculan Batman dan Joker di salah satu episode Angling Dharma. Hal ini sempat jadi tren meme.

Namun hal semacam ini tak akan terjadi di seri Babad Tanah Jawa yang akan ditayangkan TVRI. TVRI akan menyuguhkan sinetron yang diadaptasi dari riwayat Babad Tanah Jawa.

TVRI akan menayangkan sinetron Babad Tanah Jawa. Stasiun TV nasional tersebut mengklaim Babad Tanah Jawa sebagai tayangan unggulan mereka di tahun 2015 mendatang. Sinetron ini menjanjikan unsur sejarah, budaya, legenda dan mitos yang sudah jarang ditemui di senitron-sinetron masa kini.

Dilansir Antara, Kamis (20/11/2014), pihak TVRI melalui Direktur Pengembangan Usaha Lembaga Penyiaran Publik, Adam Backhtiar mengaku akan mendorong tayangan-tayangan serupa untuk mendukung perkembangan sejarah dan budaya. TVRI mengaku ingin memenuhi kebutuhan masyarakat tentang keingitahuan terhadap cerita-cerita sejarah dan legenda.

Babad Tanah Jawa dibintangi oleh sejumlah pemain seperti Panca Prakosa, Ika Angel, Novie Chandra, Dian Nova, dan Dhanny Ardhan.

Sinetron garapan sutradara R. Jiwo Kusumo ini akan disiarkan setiap Sabtu dan Minggu pada pukul 20.00 WIB-21.00 WIB, mulai 6 Desember 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya