SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Perumahan (Dok/JIBI/Bisnis)

Program sejuta rumah pemerintah Jokowi-JK hanya tinggal menunggu komitmen pemerintah daerah.

Solopos.com, SOLO — Kalangan pengembang di Soloraya kian serius dengan pelaksanaan program satu juta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Didukung tiga bank peserta program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), yaitu Bank Tabungan Negara (BTN), BTN Syariah, dan Bank Artha Graha, mereka tinggal menunggu gong dari pemerintah daerah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagai langkah awal, Real Estate Indonesia (REI) Soloraya akan menggelar pameran perumahan di Solo Grand Mall (SGM) selama lebih dari sepekan, yaitu Selasa (2/6/2015)-Selasa (9/6/2015). “Target kami ada 5.000 lebih pengunjung. Pameran ini akan diikuti 16 developer se-Soloraya dan tiga bank, yaitu BTN, BTN Syariah, dan Bank Artha Graha,” kata Maya Fitri dari Mahadia Promosindo yang menggarap pameran ini, Jumat (28/5/2015).

REI Soloraya menargetkan di Soloraya akan dibangun sebanyak 3.000 rumah bersubsidi pada 2016. Target ini merupakan bagian dari proyek pembangunan rumah murah untuk MBR, termasuk para pekerja non formal yang selama ini tidak mampu menjangkau produk bank, termasuk kredit perumahan rakyat (KPR).

“Sekarang, ribuan pekerja pabrik Sritex misalnya, yang selama ini hanya mengontrak rumah, indekos, atau tinggal bersama orang tua, kini mereka bisa memiliki rumah sendiri,” kata Ketua REI Soloraya, Anthony Abadi Hendro P., kepada Solopos.com di Serengan, Solo, Jumat.

Hal ini memang dimungkinkan mengingat rendahnya bunga KPR yang ditetapkan untuk rumah bersubsidi ini. Selain bunga yang 5% selama maksimal 20 tahun, penerima KPR iuga bisa membayar uang muka (down payment) senilai 5% dari nilai jual rumah.

Anthony mengingatkan bahwa bank peserta FLPP sudah sangat kooperatif dalam menjalankan program pemerintah ini. Salah satunya adalah risiko yang ditanggung bank dalam menyalurkan KPR bersubsidi kali ini. “Kalau dulu LTV [loan to value/rasio kredit terhadap nilai aset] 30%, berarti risiko bank 70%. Sekarang karena 1% [DP untuk kalangan PNS, TNI, Polri], risiko bank bisa 99%,” katanya.

Kini, kata Anthony, pengembang dan bank tinggal menunggu keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung program rumah murah ini. Dia meminta pemerintah memberi kemudahan dalam pengurusan izin dan pembebasan lahan. “Jangan disamakan dengan perumahan komersial, kalau disamakan, ya ini tidak bisa jalan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya