SOLOPOS.COM - Pintu Utara Taman Balekambang Solo (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Program proasi di Solo didukung oleh Taman Balekambang yang bakal menyediakan Pojok ASI untuk ibu menyusui.

Solopos.com, SOLO – Pengelola Taman Balekambang Solo berencana membuat ruangan pojok air susu ibu (ASI) di kompleks taman setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala UPTD Kawasan Wisata Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, mengatakan kebijakan tersebut dibuat berdasarkan desakan kebutuhan dari pengunjung.

“Kadang kalau ada event, ada ibu menyusui yang numpang ke kantor. Ada juga yang minta izin memerah ASI di sini. Kalau pas ramai kegiatan, terkadang ruangan kantor kami sekat untuk pojok ASI dadakan,” katanya, ketika dijumpai solopos.coom di ruangan kerjanya, Kamis (27/8/2015).

Endang menjelaskan lokasi pojok ASI bakal memanfaatkan bekas ruangan penjagaan di gapura utama sebelah selatan seluas 4 meter x 5 meter.

“Ruangannya jarang dipakai. Di sini kebetulan tidak ada ticketing, jadi bisa dimanfaatkan untuk pojok ASI. Nanti kalau butuh ruang loket, masih ada ruang penjagaan gapura sebelah utara,” tuturnya.

Menurut Endang, konsep pojok ASI Taman Balekambang dibuat sederhana dan nyaman untuk ibu dan anak.

“Ruangan yang ada akan dilapisi wallpaper, ada kursi nyaman, karpet, sampai mainan anak-anak. Ruangannya bisa menampung kurang lebih enam ibu menyusui,” bebernya.

Disinggung soal anggaran, Endang mengaku sudah mendapatkan penyokong dana mandiri dari salah satu perusahaan dengan memanfaatkan program corporate social responsibility (CSR).

Momen menjelang ulang tahun ke-94 Taman Balekambang yang jatuh Oktober mendatang, menurut Endang, menjadi momen yang tepat untuk menyediakan pojok ASI.

Sedikitnya 100.000 pengunjung bertandang ke Taman Balekambang setiap tahunnya. September mendatang, salah satu paru-paru kota ini bakal makin semarak dengan kegiatan Festival Payung Indonesia serta Solo City Jazz 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya