SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Program Pemprov Jateng salah satunya menggencarkan kembali program KB.

Semarangpos.com, WONOSOBO – Provinsi Jawa Tengah kembali menggencarkan program keluarga berencana bersamaan dengan pendeklarasian gerakan “Ayo Ikut Keluarga Berencana” di Sasana Adipura Kencana Wonosobo, Kamis (25/2/2016), yang diteken 35 bupati dan wali kota se Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dipimpin Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, para bupati/wali kota tersebut bersama-sama menyuarakan komitmen untuk mendukung dan menyukseskan program KB.

Para kepala daerah juga berjanji untuk mengajak seluruh masyarakat mengikuti program KB demi terwujudnya norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Ekspedisi Mudik 2024

Heru Sudjatmoko mengatakan melalui komitmen yang termaktub dalam deklarasi tersebut, diyakini mampu mendorong peningkatan sumber daya manusia di Jateng.

“Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tidak bisa dilepaskan dari pendidikan,” katanya.

Ia menuturkan tuntutan terhadap terpenuhinya tingkat pendidikan tidak bisa lepas dari derajat ekonomi sebuah keluarga.

“Semakin banyak anak, tanggungan biaya hidup meningkat dan secara otomatis berimbas pada berkurangnya kemampuan orang tua menyediakan pendidikan untuk mereka,” katanya.

Menurut dia hal itulah yang mendasari betapa pentingnya kesuksesan program KB di Jawa Tengah.

“Bupati/wali kota yang ingin meningkatkan kapasitas SDM harus mengejar target suksesnya KB di daerah masing-masing,” katanya.

Ia menuturkan untuk mewujudkan target tersebut, kepala daerah agar menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

“Selain menggandeng unsur Muspida, seperti Kapolres, Dandim hingga menggerakkan kader-kader PKK, tiap kepala daerah saya minta untuk mengajak serta tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat,” katanya.

Ia mengatakan para ulama masih memiliki kekuatan untuk mendorong masyarakat ikut KB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya