SOLOPOS.COM - Ilustrasi paspor (opmsecurity.com)

Program pemerintah Kota Magelang  salah satunya memperketat pengawasan terhadap orang asing.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang melakukan pengawasan terhdap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kota Magelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Daerah Pemkot Sugiharto mengatakan langkah ini untuk antisipasi agar pemerintah dan masyarakat tidak kecolongan dengan keberadaan orang asing yang berpotensi membuat suasana menjadi tidak kondusif.

”Pengawasan keberadaan orang asing sangat penting. Ini untuk menjaga kondusivitas serta antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya saat membuka rapat tim pengawasan orang asing (Pora) di Atria Hotel & Conference Magelang, Kamis (3/12/2015).

Sugiharto mengemukakan, akan semakin baik jika operasi gabungan tim Pora dengan pihak kantor Imigrasi sering dilakukan untuk memantau keberadaan orang asing.
Meskipun orang asing tersebut memiliki izin tinggal, menurut dia, pihak terkait wajib melakukan pangwasan untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan.

“Orang asing yang punya izin aja perlu kita awasi. Apalagi mereka tidang tidak punya legalitas perizinan, harus ekstra perhatian. Harusnya kita lebih sering operasi pengawasan di lapangan daripada hanya sekedar rapat saja,” ujar Sugiharto seperti dikutip jatengprov.co.id, Jumat (4/12/2015).

Terlebih lagi, imbuh dia, saat ini marak warga asing yang menyebarkan faham yang tidak sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia. ”Ini menjadi tuntutan tim Pora Kota Magelang agar makin intens dan gencar melaksanakan operasi pengawasan terhadap orang asing,” imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya