SOLOPOS.COM - Bincang-bincang pengurus Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Klaten dengan Kepala KUA Karanganom, Drs. H. Muslih, MM, Selasa (5/7/2022) pukul 10.30 WIB. (Istimewa/KUA Karanganom)

Solopos.com, KLATEN — Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Klaten berkunjung ke KUA Karanganom, Selasa (5/7/2022) pukul 10.30 WIB. IIDI Cabang Klaten ingin memastikan calon pengantin yang akan menikah sudah men-download aplikasi elektronik siap nikah dan siap hamil (Elsimil).

Sebagaimana diketahui, aplikasi Elsimil ini erat kaitannya dengan upaya percepatan penurunan stunting yang menjadi program nasional dari pusat. Sebagai bentuk kepedulian KUA Karanganom terhadap masalah stunting, KUA bekerja sama dengan puskesmas dan PLKB Kecamatan Karanganom menjadikan Elsimil sebagai salah satu materi dalam bimbingan perkawinan Kecantol Kamu yang di-launching, Desember 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala KUA Karanganom, Muslih, mengatakan bagi catin yang ingin menikah harus sudah men-download aplikasi ini tiga bulan sejak mendaftar di kelurahan. Setelah itu, catin melakukan medical chek up ke puskesmas. Catin juga didampingi tim pendamping keluarga mengisi kuisoner hingga catin mendapat sertifikat Elsimil.

“Pada kenyataannya banyak catin yang belum tahu aplikasi ini dan dari KUA membantu catin men-download aplikasi ini dilanjutkan ke puskesmas untuk medical chek up,” kata Muslih berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (8/7/2022).

Muslih mengatakan program nasional tersebut harus didukung seluruh pihak terkait dan disosialisasikan sampai tingkat desa. Tujuannya agar para catin bisa didampingi sejak awal sehingga status kesehatan catin, terutama calon ibu bisa maksimal dalam mempersiapkan rahimnya untuk hamil.

Baca Juga: 74 Calhaj Eks Kawedanan Jatinom Klaten Ikuti Manasik Haji

“Program percepatan penurunan stunting merupakan tugas kita bersama dan harus ada sinergi antarelemen dan stakeholder yang ada di masyarakat karena itu sudah menjadi tugas nasional,” kata Muslih.

Ketua Bulan Bakti Ikatan Istri Dokter Indonesia Cabang Klaten, Nelly Farida Nov Sugiyanto, menyampaikan bahwa IIDI mendukung program prioritas nasional mencegah stunting. IIDI Klaten mengapresiasi KUA Karanganom yang sudah menerapkan aplikasi Elsimil kepada catin yang akan menikah.

“Saya acungkan jempol untuk KUA Karanganom karena memberikan materi Elsimil dalam bimbingan perkawinan Kecantol Kamu,” kata Nelly Farida Nov Sugiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya