SOLOPOS.COM - Ilustrasi (computeractive.co.uk)

ilustrasi (computeractive.co.uk)

WASHINGTON—Versi baru program komputer jahat Zeus botnet berhasil menguras uang simpanan nasabah sejumlah bank di Eropa. Menurut sebuah laporan, dalam setahun terakhir, total uang yang telah dikeruk mencapai US$47 juta atau sekitar Rp451,4 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut laporan perusahaan keamanan Versafe and Check Point Software Technologies, malware itu didesain untuk membypass tahapan autentikasi bank ke nasabahnya. Program itu dapat mencegah informasi yang dikirim pihak bank kepada nasabahnya melalui telepon. Versafe menjuluki program itu sebagai Eurograbber.

Varian lain dari Zeus malware sebelumnya dipakai sejumlah programmer jahat untuk menyedot uang nasabah bank hingga US$100 juta. Program semacam ini biasanya akan aktif saat nasabah mengeklik. Program itu akan melakukan instalasi otomatis sejumlah program lain dan akan menipu nasabah dengan menyediakan form login palsu. Program itu juga akan menyediakan form update security banking.

“Untuk sementara, malware ini hanya terdeteksi di kawasan Eropa, namun program jenis ini berpotensi besar menginfeksi ke beberapa negara lain,” tulis Versafe dalam laporannya yang dilansir Cnet, Kamis (6/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya