SOLOPOS.COM - Ilustrasi bedah rumah (JIBI/Solopos/Antara)

Warga bergotong royong melakukan bedah rumah milik Samijo, warga Dusun Pancuran.

Harianjogja.com, BANTUL-Tak menunggu bantuan program pemerintah, warga Desa Terong berinisiatif dalam mengurangi beban hidup tetangganya sendiri. Salah satunya adalah melalui bedah rumah.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Dengan dibantu aparat kepolisian dari Polsek Dlingo, warga bergotong royong melakukan bedah rumah milik Samijo, warga Dusun Pancuran RT 02, Rabu (12/10/2016). Samijo sendiri merupakan warga Desa Terong yang sehari-harinya bekerja sebagai pekerja bangunan.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Terong Kemijo menegaskan, bedah rumah itu sepenuhnya merupakan inisiatif warga. Begitu pula dengan terkait dengan sumber dananya, ia menegaskan tak ada satu pun dari uang negara dipakainya. “Sepenuhnya dari donatur dan sumbangsih warga sendiri,” katanya.

Sebelum dibedah, pihaknya memang melakukan survey dan verifikasi terlebih dulu. Dengan mengacu pada kategori rumah tak layak huni, maka pihaknya lantas mentapkan rumah milik Samijo itu sebagai rumah yang laik untuk dibedah. “Ini sudah yang kedua kalinya kami melakukan bedah rumah secara swadaya. Pertama kalinya pada Februari lalu,” ucapnya.

Terpisah, Kapolsek Dlingo AKP Amir Machmud yang ikut serta terlibat dalam gotong royong itu mengakui keterlibatannya dalam gotong royong bedah rumah tak lain untuk ikut memberikan semangat bagi anggota dan warga dalam bekerja. Kegiatan bedah rumah itu pun tak dipungkiri berjalan atas inisiatif anggota Bhabinkamtibmas Desa Terong dan diharapkan semakin membangkitkan kepedulian sesama terhadap lingkungan sekitar. “Dengan kita ikut kerja gotong royong ini, ada kedekatan emosial antara polisi dengan warga, jadi warga juga akan pekewuh ketika ada kegiatan yang melanggar hukum tapi tidak melapor,” ungkapnya.
Dia menuturkan, bagian rumah yang direnovasi diantaranya bagian dapur, pengecatan ulang tembok, pemberian eternit dan lantainisasi. Dana yang digunakan bukan dari bantuan program bedah rumah pemerintah, melainkan dari donatur yang pengumpulannya dikoordinir oleh Babinkamtibmas Desa Terong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya