Risih Berita Palsu, Guntur Perangi Hoaks Bersama Mafindo

Guntur Wahyu Nugroho - Candra Mantovani
29 Januari 2019 15:11 WIB Candra Mantovani Profil Share :

Memiliki nama lengkap Guntur Wahyu Nugroho, pria yang akrab dipanggil Guntur ini giat memerangi hoaks di media sosial. Melalui organisasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia alias Mafindo, dia terus menerus menyuarakan dan mengajak orang-orang untuk memerangi informasi yang tidak bertanggung jawab.

Mafindo saat ini menjadi salah organisasi yang gencar dalam menyuarakan misi memerangi hoaks. Guntur menjadi salah satu pentolan yang memimpin Mafindo Solo. Sejak 2014, Guntur mengaku sudah sangat risih dengan banyaknya informasi palsu yang beredar di masyarakat. Berawal dari itulah, dia bertekad untuk memberantas hoaks dengan cara mengedukasi masyarakat menggunakan internet dan media sosial secara positif. Apalagi, saat ini hoaks dianggap sudah mengancam persatuan bangsa Indonesia.

Guntur kemudian bersama dengan rekan-rekannya memanfaatkan grup di dalam facebook untuk berdiskusi bagaimana cara memerangi hoaks karena memiliki keluhan yang sama. “Saya mulai berorganisasi khusus untuk memerangi hoaks sejak akhir 2016. Saya bersama teman-teman yang lainnya kemudian mendirikan Mafindo ini. Semua karena asas sama-sama punya rasa untuk memerangi hoaks yang kuat,” jelasnya.

Guntur pun ingin terus berkomitmen untuk memerangi hoaks. Dia mengharapkan kesadaran pengguna internet dan sosial media untuk turut berkontribusi salah satunya dengan mencermati terlebih dahulu informasi yang ada sebelum membagikan melalui akun mereka. “Saya terus fokus untuk memerangi hoaks, tapi masyarakat juga harus memiliki rasa yang sama juga untuk memerangi hoaks. Kalau ada berita jangan di share langsung, cermati dulu kebenarannya, kalau benar baru di-share. Jangan sampai nanti malah hoaks yang tersebar,” kata dia.