SOLOPOS.COM - TikToker Bima Yudho Saputro. (Instgaram @awbimax)

Solopos.com, SOLO-TikToker Bima Yudho Saputro alias Awbimax belakangan ini viral di media sosial hingga menjadi trending topic di Twitter, berikut ini profilnya.  Sebagaimana diketahui, pemuda yang tengah menempuh pendidikan di Australia itu mengkritik Lampung.

Melalui akun TikToknya, @Awbimaxreborn, Bima mengunggah video berjudul Alasan Lampung Nggak Maju-Maju yang berisi kritik soal pembangunan Provinsi Lampung.  Bima menyebut Lampung tidak maju lantaran banyak jalanan yang rusak, pembangunan infrastruktur mangkrak, dan pemerintahan yang lemah.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Video tersebut menjadi viral dan menjadi sorotan warganet. Tak sedikit diantaranya warga Lampung yang akhirnya ikut bersuara.

Sebelum mengetahui profil TikTokter Bima, ketahui terlebih dahulu bahwa gara-gara kritikan tersebut kini remaja  yang sedang kuliah di Australia itu dilaporkan oleh seorang pengacara yang bernama Gindha Ansori terkait pelanggaran Undang-Undang ITE.  Tak hanya itu, Bima juga menyebut kedua orang tuanya yang masih tinggal di Lampung ikut mendapatkan intervensi.

Meski demikian, Bima mendapat banyak dukungan dari warganet. Bahkan pengacara kondang Hotman Paris pun mengaku siap membantu.

“Bima, DM saya kalau memang ada masalah. Jangan takut, hidup hanya sekali,” ujar Hotman Paris dalam video yang diunggah di akun Instagramnya pada Jumat (14/4/2023).

Lantas, siapa sebenarnya sosok dan profil TikToker Bima Yudho Saputro? Mengutip dari berbagai sumber,  Senin (17/4/2023), Bima Yudho Saputro berasal dari Desa Raman Utara Kabupaten Lampung Timur, Provinsi lampung. Saat ini ia berusia 20 tahun.

Ayahnya bernama Juliman Sugino, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu penyuluh pertanian. Sedangkan ibunya bernama Sri, seorang petani jagung yang memiliki pabrik produk pertanian asal Lampung.

Saat ini Bima Yudho Prasetyo menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Intelijen Bisnis Australia program Diploma Pemasaran Digital, Komunikasi Digital dan Media/Multimedia.

Bima juga pernah mengenyam pendidikan di Universitas UCSI di Malaysia dalam program Diploma Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, dan Inovasi Digital.

Bima juga sempat mengatakan dirinya berencana akan meneruskan pendidikan di Macquarie University. Selain kuliah dan menjadi seorang konten kreator, Bima Yudho Prasetyo mengaku bekerja paruh waktu sebagai pelayan di toko ritel IKEA.

Setelah mengetahui profil TikTokter Bima, ketahui pula bahwa kasus tersebut juga menarik perhatian pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. Dia mengunggah tangkapan layar pemberitaan soal orang tua Bima yang meminta maaf kepada Gubernur Lampung. “What? Why? OMG,” demikian tulis Hotman menyertai unggahan itu pada Minggu (16/4/2023) lalu.

Unggahan Hotman ini pun mendapatkan banyak komentar warganet. Banyak yang membela Bima.

“Kalau ga mau dikritik mending jangan jadi pemimpin. Jadi ayam aja, biar digeprek,” tulis @ananta***.

“Semua yang di omongin @awbimax itu benar nyatanya, mulai dari infrastruktur jalan hingga pendidikannya. Sangat di sayangkan, ketika kejujuran harus dibungkam oleh kekuasaan. Coba deh kalo ke lampung jangan cuma main di bandar lampungnya, sekali-kali main di daerah seperti lamtim dan lamteng (jangan lewat tol),” tulis @novian***.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya