Profil PSG Pati, Tim Kuda Hitam Saridin Diakuisisi Atta Halilintar

Klub sepakbola ini dikenal dengan julukan “Kuda Hitam Saridin”. Saridin  merupakan salah satu tokoh yang dihormati di Kabupaten Pati yang dikenal dengan kuda tunggangannya yang berwarna hitam.

Yesaya Wisnu
Senin, 27 September 2021 - 14:03 WIB

SOLOPOS.COM - PSG Pati (Instagram/@psg_pati)

Solopos.com, PATI — PSG (Putra Safin Group) Pati atau AHHA PS Pati FC (Atta Halilintar PS Pati Footclub) merupakan klub sepak bola Indonesia asal  Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang saat ini bermain di laga sepak bola nasional, Liga 2.

Mengutip dari Wikipedia, Senin (27/9/2021), klub sepakbola ini dikenal dengan julukan “Kuda Hitam Saridin.” Saridin  merupakan salah satu tokoh yang dihormati di Kabupaten Pati yang dikenal dengan kuda tunggangannya yang berwarna hitam.

Selain dikenal dengan julukan Kuda Hitam Saridin, julukan kedua dari klub ini adalah Raden Kembang Joyo, seorang Adipaten (sekarang jabatan itu disebut Bupati) di Kadipaten (sekarang Kabupaten) Pati Pesantenan. Dalam perkembanganya, Kadipaten Pati Pesantenan menjadi kawasan yang Makmur dibawah kepemimpinan Kembang Joyo.

Baca Juga: Profil Wali Kota Tegal Dedy Supriyono, Pionir Lockdown di Jawa Tengah

Sejarah awal keberadaan klub sepak bola di Bumi Mina Tani ini adalah berawal dari Putra Ijen FC yang didirikan di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada 2014 lalu untuk mengikuti laga Liga 3 Jawa Timur. Pada 2018, PSG Gresik mulai mengikuti kompetisi Liga 3 Jawa Timur setelah membeli lisensi asal Kabupaten Jember, Putra Ijen FC.

Pada 2020, PSG Gresik mengalami kesulitan finansial akibat Pandemi Covid-19  sehingga akhirnya klub tersebut dibeli oleh Saiful Arifin dan dibawa pulang ke Kabupaten Pati. Saiful Arifin adalah Wakil Bupati Kabupaten Pati periode 2017-2022. Saiful juga seorang pengusaha muda yang cukup dikenal di kawasan Bumi Mina Tani  tersebut.

Selama dibawah kepemimpinan Saiful Arifin, nama PSG Gresik kemudian diubah menjadi PSG Pati. Saiful yang juga mendirikan sekolah sepak bola Safin Football Academy sempat menghebohkan jagad sepakbola nasional karena memiliki fasilitas yang bisa dikatakan luar biasa untuk sebuah klub Liga 2.

Baca Juga: Rumah Kamera Borobudur, Bisa Swafoto Bersama ‘Presiden Jokowi’ Hlo!

Akuisisi oleh Atta Halilintar

Chairman AHHA PS Pati Putra Siregar (kiri) dan Atta Halilintar. (Istimewa/Dok AHHA PS Pati)

Sementara itu, pada 2021, youtuber kenamaan Indonesia Atta Halilintar dan Putra Siregar tengah berupaya mencari klub sepak bola untuk keperluan investasi. Sebelumnya mereka sempat ke Sriwijaya FC, namun tidak sempat karena tidak menemukan kesepakatan.

Sampai akhirya, Atta dan koleganya itu mampir ke PSG Pati yang ketika itu sedang melakukan pemantapan tim di luar kota. Setelah berdiskusi dengan Saigul Arifin sebagai pemilik PSG Pati, mereka sepakat bahwa Atta membeli mayoritas saham PSG Pati.

Dengan kepemilikan saham mayoritas, maka Atta berhak merubah nama klub, logo klub, bahkan domisili klub. Namun karena PSG Pati sebelumnya sudah memiliki manajemen dan fasilitas yang bagus di Mojoagung, Kabupaten Pati, maka Atta hanya mengubah nama dan logonya saja. Nama PSG Pati diubah menjadi AHHA PS Pati FC, sedangkan logonya yang sebelumnya berlogo ikan bandeng diubah menjadi kuda hitam, seperti nama julukan klub ini.

Baca Juga: Sejumlah Event Besar bakal Digelar di Borobudur, Vaksinasi Dipercepat

Namun sayang karena nama AHHA PS Pati FC belum bisa dipakai pada kompetisi Liga 2 di tahun 2021 dikarenakan perubahan nama dan logo klub jarus disahkan dulu oleh PSSI lewat kongres tahunan sehingga nama PSG Pati masih dipakai untuk laga Liga 2 yang sedang berlangsung saat ini.

Terakit akusisinya terhadap PSG Pati, dilansir dari Suara.com, Atta mengaku bahwa dia sangat mencintai olahraga speakbola sejak kecil. Namun saat itu keinginannya untuk menjadi pemain sepakbola terganjal restu dari orangtuanya.

Meski demikian, suami dari Aurel Hermansyah, putri sulung dari Diva Indonesia yang kini menjadi anggota Komisi IX, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Krisdayanti dan musisi Anang Hermanysah, ini masih menjadikan olahraga paling digemari masyarakat itu sebagai hobinya dan selain itu, dia juga ingin berkontribusi bagi sepakbola nasional.

Youtuber yang dikenal dengan puluhan juta pelanggan di Indonesia itu juga mengaku jatuh hati pada PSG Pati karena memiliki sistem pembinaan sejak dini yang menurutnya sangat baik bagi masa depan sepakbola nasional.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif