SOLOPOS.COM - Ipda Herman "Pak Bhabin" Hadi Basuki (IG @herman_hadi_basuki)

Solopos.com, SUKABUMI — Polisi jenaka yang juga seorang Youtuber, Herman Hadi Basuki alias Pak Bhabin kini telah menjadi seorang perwira dengan pangkat inspektur polisi dua (Ipda).

Pelantikan Pak Bhabin sebagai perwira dilakukan secara langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Senin (3/10/2022) lalu, di Sukabumi, Jawa Barat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut profil Ipda Herman Hadi Basuki yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022).

polisi jenaka komandan bhabin
Polisi yang juga Youtuber, Ipda Herman Hadi Basuki (Istimewa)

Herman Hadi Basuki dikenal sebagai Youtuber dengan nama Pak Bhabin. Ia lahir di Purworejo, Jawa Tengah pada tahun 1983 silam.

Baca Juga: Polisi Jenaka Ipda Herman Hadi Basuki Diberi Jabatan Komandan Bhabin

Herman mulai belajar fotografi dan videografi saat sudah berstatu sebagai anggota Polri, tepatnya saat berpindah tugas di Sub-Bag Humas Polres Purworejo pada 2016 lalu.

Sebelumnya ia banyak bertugas di unit lalu lintas. Herman pernah bertugas sebagai Bhabinkamtibmas sekitar tahun 2009, yang mengilhaminya berperan sebagai Pak Bhabin di video-video Youtube Polisi Motret miliknya.

Video-video yang dibuat Herman memiliki ciri khas yakni ada aksesori helm khas serta sepeda motor Honda C70 alias Si Pitung.

Baca Juga: Selamat! Youtuber Pak Bhabin Kini Naik Pangkat jadi Perwira Polri

Pada 2019, Herman mengisi program televisi berjudul Siap!! Ndan yang ditayangkan oleh TransTV.

Di tahun yang sama ia memerankan Pak Bhabin dalam film Sang Perwira yang diproduksi MRG Film bekerja sama dengan Mabes Polri.

Pak Bhabin kini jadi perwira
Herman Hadi Basuki, polisi jenaka yang juga seorang Youtuber dengan nama Pak Bhabin digendong istrinya seusai dilantik sebagai perwira berpangkat Ipda, Senin (3/10/2022) lalu. (IG @herman_hadi_basuki)

Sembari menjalani pendidikan di Sekolah Inspektur Polisi Resimen Satya Intar Adinata Pratapa (51AP) tahun 2022, Herman masih sempat membikin film pendek berjudul Mana Bisa Lolos.

Baca Juga: Dusta Polisi Salahkan Hooligans, Belajar dari Tragedi Hillsborough

Di film tersebut ia beradu peran dengan beberapa polisi yang juga tenar di publik yakni Bripka Ambarita, Jacklin Choopers dan Briptu Akiau.

Film penumpasan kejahatan bergenre jenaka dengan durasi 8 menint 30 detik itu juga melibatkan Kepala Setukpa Lemdiklat Polri, Brigjen Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya