Profil Noe Letto, Vokalis & Pencipta Lagu Syahdu Menggetarkan Jiwa

Noe menjadi sosok di balik kesuksesan band Letto dengan lagu-lagunya yang penuh makna dan familer di era 2000-an. Berikut profil vokalis band Letto yang ternyata orang Jogja.

 Foto Noe Letto.(Facebook/Sabrang "Noe" Panuluh)

SOLOPOS.COM - Foto Noe Letto.(Facebook/Sabrang "Noe" Panuluh)

Solopos.com, SOLO — Noe menjadi sosok di balik kesuksesan band Letto dengan lagu-lagunya yang penuh makna dan familer di era 2000-an. Kecerdikannya merangkai kata menjadi lagu sudah tidak diragukan lagi. Banyak karya lagunya yang masih enak didengar hingga sekarang. Seperti apa profil Noe Letto?

Noe saat diwawancarai Habib Ja’far Husein mengaku sempat menjadi ateis sebelum akhirnya kembali memeluk Islam. Dia berhijrah setelah menemui seorang syekh dan memperoleh pengetahuan baru tentang setan.

Baca Juga: Profil Reza Arap, Youtuber yang Disawer Rp1 Miliar Saat Main Game

Dari cerita kehidupannya, Noe Letto membuat syair-syair yang menjadi lagu band Letto. Lagu-lagunya juga banyak yang mengandung pesan yang mendalam. Seperti Sebelum Cahaya dan Sandaran Hati yang bermakna hubungan manusia dengan Tuhan.

Profil Noe Letto

Mengutip Suara, Kamis (8/7/2021), Noe Letto mempunyai nama asli Sabrang Mowo Damar Panuluh. Dia lahir di Yogyakarta pada 10 Juni 1979. Noe merupakan putra pertama budayawan Emha Ainun Najib atau yang dikenal Cak Nun. Kepiawaiannya menciptakan lagu yang penuh makna mendalam menurun dari sang ayah yang juga penyair.

Noe menghabiskan masa kecilnya di Lampung sebelum akhirnya kembali lagi ke Kota Jogja ketika SMA. Dia menempuh pendidikan di SMAN 7 Yogyakarta. Noe Letto kemudian melanjutkan kuliah di University of Alberta, Kanada. Dia mengambil  dua program studi sekaligus, Ilmu Matematika dan Ilmu Fisika.

Pelantun Sebelum Cahaya ini kemudian kembali ke Jogja setelah lulus kuliah 5 tahun kemudian. Dia memeproleh gelar Bachelor of Mathematic dan Bachelor of Physics (Sarjana Matematika dan Sarjana Fisika). Di Jogja dia mulai merintis karier musiknya.

Baca Juga: Profil Dokter Tirta, Ternyata Asli Wong Solo Hlo

Noe pun mulai berlatih bermain musik di studio Kiai Kanjeng, grup musik milik Novi Budiyanto yang merupakan sahabat Cak Nun. Dari situlah Noe berlatih membuat teknik musik hingga memproduksi dan menulis lagu. Noe kemudian menelurkan album perdana band Letto Truth, Cry, dan Lie.

Lagu-lagu Letto yang mampu menggetarkan hati pendengarnya bukan tanpa alasan. Noe terinspirasi dari lirik lagu band Queen yang begitu mendalam. Dia kemudian berkeinginan untuk menggubah lagu yang menggetarkan jiwa.

Noe kemudian membetuk band Letto bersama ketiga sahabatnya semasa SMA. Di antaranya Patub, Arian, dan Dhedot. Mereka sepakat memberi nama band Letto pada 2004. Menurut mereka nama Letto sendiri tidak memiliki arti khusus.

Pertemuan Di Australia

Mengutip Liputan6, Noe Letto menikah dengaan Fauzia Fajar Putri alias Uci yang menjadi kekasihnya selama empat tahun pada 2009. Mereka melangsungkan pernikahan mewah di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Profil Pedangdut Happy Asmara, Ternyata Pernah Jadi Model Majalah Anak

Pertemuan pertama Noe dengan Uci terjadi di Australia saat sang istri menempuh kuliah. Sedangkan kala itu Noe yang sedang mengikuti tur Kiai Kanjeng. Sejak pertemuan itulah mereka menjalin asmara hingga melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Deddy Corbuzier Minta Maaf Soal Komentarnya Santri Tutup Kuping Dengar Lagu

Selain meminta maaf, Deddy Corbuzier juga mengakui tidak memiliki pengetahuan soal santri-santri ini.

Vanessa Angel Mulai Berhenti Syuting FTV, Ini Alasannya

Ada alasan yang mendasari mengapa Vanessa Angel berhenti syuting FTV.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Larissa Chou Sudah Punya Pengganti Alvin Faiz?

Kira-kira siapakah calon pengganti Alvin Faiz di hati Larissa Chou dan dalam kehidupan nyata ya?

Ikatan Cinta 18 September 2021: Elsa Bertemu Jessica, Ada Apa?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Sabtu, 18 September 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Netflix Hadirkan Drama Korea Squid Game, Seperti Apa Kisahnya?

Squid Game menggambarkan persaingan yang dihadapi orang dewasa dalam kehidupan nyata.

Lirik Lagu Markisa dan Terjemahannya - Cinta Laura Kiehl

Berikut ini lirik lagu Markisa dan terjemahannya dari Cinta Laura Kiehl, yang baru saja dirilis pada Kamis, 2 September 2021 di Youtube.

Tayang di Netflix, Ini Rekomendasi Drama Korea Terbaik

Berikut ini sejumlah drama Korea terbaru yang tayang di Netflix.

Mau Tahu Harta Kekayaan Para Artis yang Jadi Anggota DPR? Ini Daftarnya

Masyarakat sebenarnya bisa ikut memantau harta kekayaan para artis yang jadi anggota DPR ini.

Para Penyanyi Tanah Air Ini Pernah Alami Insiden Memalukan di Panggung

Berbagai insiden memalukan yang dialami para penyanyi ini saat tampil di panggung adalah terjungkal hingga kostum melorot.

Pakai Brand Louis Vuitton, Item Fashion Luna Maya Jadi Sorotan Warganet

Luna Maya diketahui mengenakan item fashion keluaran Louis Vuitton saat berpose dengan latar belakang jalanan New York City, Amerika Serikat.

Ikatan Cinta 17 September 2021: Suasana Pondok Pelita Makin Genting, Al Curiga dengan Jessica

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 17 September 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Lirik Lagu You Better Believe Me - Raisa feat Kara Chenoa

Berikut ini lirik lagu You Better Believe Me dari Raisa feat Kara Chenoa, yang baru saja dirilis pada Rabu, 15 September 2021 di Youtube.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Aries Mulai Bosan dengan Gosip, Pisces Perlu Berhemat

Ramalan zodiak hari ini menunjukkan Aries sedang geram karena terlalu sering nimbrung dalam dunia gossip. Sementara Pisces harus lebih menyadari kebutuhan untuk berhemat penting dilakukan.

Alicia Keys Bakal Rilis Film Dokumenter Rahasia Perjalanan Kariernya 30 September Nanti

Alicia Keys bakal muncul dalam film dokumenter tentang rahasianya dalam menjalani hidup berkarier sebagai penyanyi, ibu, istri.

Deddy Corbuzier Ungkap Fakta Susi Pudjiastuti Tidak Pernah Minum Obat

Susi Pudjiastuti memang tidak mengonsumsi obat, tapi bukan berarti dirinya menolak berkonsultasi pada dokter.