Profil Dodit Mulyanto, Komika Sukses Lulusan UNS Solo

Komika dengan gaya khas bicaranya yang medok dan kalem ini ternyata lulus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.

 Dodit Mulyanto. (Instagram/@dodit_mul)

SOLOPOS.COM - Dodit Mulyanto. (Instagram/@dodit_mul)

Solopos.com, SOLO — Sosok Dodit Mulyanto sudah pasti familiar di telinga masyarakat. Aktor dan komika dengan gaya khas bicaranya yang medok dan kalem ini terkenal sejak audisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) pada 2014. Seperti apakah profil Dodit Mulyanto?

Profil Dodit Mulyanto

Mengutip dari berbagai sumber, Jumat (30/7/2021), Dodit mempunyai nama lengkap Dodit Wahyudi Mulyanto.  Komedian berekspresi datar ini lahir pada 30 Juni 1985 di Blitar, Jawa Timur.

Baca Juga: Profil Fiersa Besari, Penulis & Musisi Romantis yang Doyan Jelajah Alam

Dodit pernah mengenyam bangku di SLTPN 3 Blitar dan SMAK Diponegoro Blitar dan melanjutkan kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jurusan Pendidikan Geografi.

Sebelum terkenal menjadi komedian, Dodit berprofesi menjadi guru musik SD dan SMP Santa Clara Surabaya. Dodit kali pertama tampil berkomedi tunggal di kafe Surabaya pada 2012. Kala itu dia memberanikan diri maju ke panggung tanpa persiapan materi karena mendapat paksaan dari temannya.

Dia pun mengikuti ajang Stand Up Comedy Indonesia ke 4 di Kompas TV.  Kekasih Angela Ci ini berkompetisi dengan dengan komika lain seperti Abdurrahim Arsyad, Yudha Keling, Yudhit Ciphardian, dan lainnya.

Baca Juga: Desta Mahendra Ternyata Kelahiran Solo Lur! Ini Profilnya

Dodit tampil di panggung dengan ciri khasnya pembawaanya yang kalem dan membawa biola kesayanganya. Dia juga mempunyai jargon “Pria Jawa yang memegang erat budaya Eropa untuk menggambarkan karakternya”. Sang juri, Raditya Dika selalu menjadi bahan leluconnya. Namun dia tersisih pada penampilan ke-14.

Kendati demikian, Dodit kemudian mengepakkan sayapnya ke dunia akting seperti di sinetron komedi dan film romantis.  Dia juga sering mengisi acara di luar kota setelah terkenal lewat Stand Up Comedy.

Dodit mengaku lebih memilih bermain di layar lebar daripada beradu akting di sinetron yang membuatnya lelah lantaran harus syuting tiap hari. Tidak hanya menjadi komika dan aktor, Dodit juga piawai bernyanyi. Hingga kini dia sudah mempunyai enam lagu yakni Cinta Pandangan Pertama, Pepaya Mangga Pisang Jambu, Yellow Flower ft. Cak Blankon dan Ipunk Power Metal, Darling ft. Cak Blankon, Udut Kopi ft. Lek Dahlan, dan lagu terbarunya tahun ini, Gunung Kemukus ft. Ndarboy Genk.

Baca Juga: Tak Disangka, Si Cantik Sisca Saraswati JKT48 Ternyata Cah Wonogiri

Dodit pernah menjadi bintang iklan dari produk Daihatsu, Oronamin C, Pipa Alderon,  dan Tokopedia. Dia juga pernah didapuk menjadi model video klip Los Dol milik Denny Caknan yang meledak di pasaran pada 2020.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Tayang di Netflix, Ini Rekomendasi Drama Korea Terbaik

Berikut ini sejumlah drama Korea terbaru yang tayang di Netflix.

Mau Tahu Harta Kekayaan Para Artis yang Jadi Anggota DPR? Ini Daftarnya

Masyarakat sebenarnya bisa ikut memantau harta kekayaan para artis yang jadi anggota DPR ini.

Para Penyanyi Tanah Air Ini Pernah Alami Insiden Memalukan di Panggung

Berbagai insiden memalukan yang dialami para penyanyi ini saat tampil di panggung adalah terjungkal hingga kostum melorot.

Pakai Brand Louis Vuitton, Item Fashion Luna Maya Jadi Sorotan Warganet

Luna Maya diketahui mengenakan item fashion keluaran Louis Vuitton saat berpose dengan latar belakang jalanan New York City, Amerika Serikat.

Ikatan Cinta 17 September 2021: Suasana Pondok Pelita Makin Genting, Al Curiga dengan Jessica

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 17 September 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Lirik Lagu You Better Believe Me - Raisa feat Kara Chenoa

Berikut ini lirik lagu You Better Believe Me dari Raisa feat Kara Chenoa, yang baru saja dirilis pada Rabu, 15 September 2021 di Youtube.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Aries Mulai Bosan dengan Gosip, Pisces Perlu Berhemat

Ramalan zodiak hari ini menunjukkan Aries sedang geram karena terlalu sering nimbrung dalam dunia gossip. Sementara Pisces harus lebih menyadari kebutuhan untuk berhemat penting dilakukan.

Alicia Keys Bakal Rilis Film Dokumenter Rahasia Perjalanan Kariernya 30 September Nanti

Alicia Keys bakal muncul dalam film dokumenter tentang rahasianya dalam menjalani hidup berkarier sebagai penyanyi, ibu, istri.

Deddy Corbuzier Ungkap Fakta Susi Pudjiastuti Tidak Pernah Minum Obat

Susi Pudjiastuti memang tidak mengonsumsi obat, tapi bukan berarti dirinya menolak berkonsultasi pada dokter.

Penampilan Terlihat Sederhana, Harga Outfit Lesti Kejora Ternyata Fantastis

Bukan hanya Lesti Kejora, tak sedikit artis Indonesia gemar memakai outfit dengan harga fantastis sekalipun terlihat sederhana.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Capricorn Perlu Lebih Objektif dan Gemini Harus Tahan Aktivitas Tubuh

Berikut ramalan zodiak hari ini lengkap yang telah dirangkum Solopos.com dari horoscope.com edisi Kamis (16/9/2021)

Larissa Chou Ingatkan Jangan Jadi Palsu Supaya Terlihat Baik

Sebelumnya, Larissa Chou juga pernah menuliskan pesan senada yaitu be what you are because you were not born to impress someone.

Ikatan Cinta 16 September 2021: Mama Rosa Turun Tangan Selidiki Pelaku Teror, Al di Mana?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Kamis, 16 September 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Dibuka Kembali! Ini Jadwal Bioskop Hari Ini 16 September 2021

Sempat tutup selama PPKM Level 4, berikut ini jadwal lengkap bioskop XXI yang ada di Solo dan kota lainnya pada hari ini, Kamis, 16 September 2021.

Lirik Lagu Salah Tompo - Dory Harsa feat Nella Kharisma

Berikut ini lirik lagu Salah Tompo dari Dory Harsa feat Nella Kharisma, yang baru saja dirilis pada Senin, 13 September 2021 di Youtube dan trending.