SOLOPOS.COM - Deolipa Yumara (IG @oliveyumara)

Solopos.com, JAKARTA — Hanya dalam waktu kurang dari satu bulan, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E berganti tiga pengacara.

Pengacara yang pertama yakni Andreas Nahot Silitonga mengundurkan diri sedangkan pengacara kedua, Deolipa Yumara, dicabut kuasanya meski baru bertugas empat hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yang menarik, sebelum dipecat Deolipa sudah membongkar sejumlah pengakuan Bharada E soal skenario yang dibuat Irjen Pol Ferdy Sambo terkait kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

Siapa Deolipa Yumara? Dalam wawancara di kanal Youtube Uya Kuya TV, Deolipa mengaku dirinya asli suku Jawa.

Ayahnya berasal dari Yogyakarta sedangkan ibunya dari Jombang, Jawa Timur meski memiliki darah Manado.

Baca Juga: Deolipa Diancam Bunuh Sejak Hari Pertama Jadi Pengacara Bharada E

Ayahnya seorang pensiunan tentara dengan pangkat sersan mayor.

“Ayah saya tentara tapi nakal. Senjatanya akhirnya dicabut. Dia pensiun dengan pangkat serma,” ujar Deolipa Yumara sambil tertawa, saat mengobrol dengan Uya Kuya, seperti dilihat Solopos.com, Jumat (12/8/2022) malam.

Lulusan UI

Deolipa adalah lulusan Fakultas Hukum dan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Ia satu angkatan dengan artis Uya Kuya.

Deolipa Yumara memulai kariernya sebagai pengacara sejak tahun 1998 meski belum mempunyai kartu anggota dan surat pengesahan sebagai pengacara.

Deolipa resmi menjadi pengacara tahun 2000 di Jakarta.

Baca Juga: Brigadir J Berlutut, Bharada E Tembak 4 Kali atas Suruhan Ferdy Sambo

“Jadi saya bukan hanya pengacara, saya juga psikolog,” lanjutnya.

Dikutip dari Bisnis, Deolipa Yumara pernah menjadi bagian dari DPN Pusat Peradi yang mengurusi Hak Asasi Manusia.

Pada tahun 2019 ia terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengacara Indonesia (API) pada Musyawarah Nasional ke-2.

Baca Juga: Ferdy Sambo Rencanakan Bunuh Brigadir J, Hukuman Mati Membayangi

Nama Deolipa Yumara pernah muncul ke publik saat mendampingi artis Angel Lelga pada Juni 2022, akibat tersandung kasus korban penipuan kripto.

Berpenampilan nyentrik ala seniman, Deolipa ternyata seorang anak band.

Dia memiliki band yang terdiri atas Deolipa (vokalis), Irul (lead gitar), Eta (gitar 2), Denovan (drum), dan Ilham (keyboard dan synthesizer).

Baca Juga: Ferdy Sambo Rencanakan Bunuh Brigadir J, Hukuman Mati Membayangi

Setelah pendampingan sebagai pengacara Angel Lelga berakhir, Deolipa dan mantan istri Rhoma Irama dan Vicky Prasetyo itu sempat menggarap lagu bersama.

Angel Lelga mengungkapkan pembuatan lagu ini berawal saat berbicara dengan Deolipa yang sering dibalas dengan sebuah nyanyian.

Selain sebagai pengacara dan suka ngeband, Deolipa juga seorang Youtuber. Akun YouTube-nya bernama DEOLIPA dan akun Instagramnya, deolipa_project.

Baca Juga: 2 Versi Motif Pembunuhan Brigadir J, Mana yang Benar?



Saat ini akun Instagram Deolipa Yumara memiliki pengikut lebih dari 10.000 dan jumlah subscriber di kanal YouTube-nya lebih dari 14.000.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “4 Fakta Menarik tentang Deolipa Yumara, Pengacara Bharada E yang Nyentrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya