SOLOPOS.COM - Denny Caknan (Instagram @denny_caknan)

Solopos.com, NGAWI — Sosok Denny Caknan sudah menjadi familiar bagi masyarakat di Indonesia. Penyanyi pop Jawa yang mengidolakan almarhum Didi Kempot ini sering muncul di jajaran trending Youtube. Melalui lagu-lagu ciptaanya yang digemari penikmat musik menjadikanya penyanyi dangdut yang berjaya dalam dua tahun terakhir. Lantas seperti apa profil Denny Caknan?

Profil Denny Caknan

Denny Caknan memiliki nama asli Denny Setiawan. Dia lahir di Ngawi, Jawa Timur,  pada 10 Desember 1993. Denny dikenal penyanyi dan pencipta lagu Pop Jawa dan koplo . Namanya populer setelah karya lagunya berjudul Kartonyono Medot Janji meledak di pasaran pada Mei 2019 silam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Profil Tri Suaka, Penyanyi Kafe Jogja Bersuara Mirip Ariel Noah

Dikutp dari Suara, Senin (23/8/2021), lagu Denny didominasi lirik berbahasa Jawa dan disisipkan kalimat Berbahasa Indonesia. Dia mengaku terinspirasi dari maestro campur sari, Didi Kempot, dengan nuansa pop dan kendhang dalam instrumennya.

Bahkan tahun-tahun selanjutnya karyanya juga menjadi favorit semua kalangan seperti yang berjudul Los Dol dengan 128 juta lebih penonton. Tidak heran jika lagu –lagu Denny sering terdengar di tempat-tempat umum.

Terakhir dia menciptakan lagu Angel dan Widodari yang berhasil menembus trending Youtube. Kesuksesan lagu-lagunya membuat para pendangdut lain menyanyikan ulang lagu ciptaanya. Denny juga senang berduet dengan penyanyi lain seperti Ndarboy Genk, Cak Percil, Guyon Waton, dan sang kekasih Happy Asmara.

Masa Lalu Kelam

Dikutip dari Detik, Denny Caknan pernah mengalami masa sulit ketika menjadi pejudi yang membuat dirinya terlilit hutang hingga ratusan juta. Dia mengaku menyesal setelah hutangnya bertambah banyak dan dirinya hanya bisa menangis meratapi nasibnya saat itu.

Baca Juga: Profil Jihane Almira, Gadis Asal Semarang Yang Berhasil Boyong 3 Penghargaan Miss Supranational

Sebelum menjadi penyanyi terkenal, Denny bekerja di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ngawi. Dia menjadi penanam dan perawat pohon. Pada saat itulah dia mencari peruntungan lewat musik. Denny pun membuat lagu bergenre pop, namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

Lagu Pop Jawa

Tidak ingin berputus asa, Denny kemudian menjajal lagu Pop Jawa dan menggungah di Youtube. Lagunya kali ini yang berjudul Kartonyono Medot Janji mendapat respons positif dari masyarakat. Mengetahui hasilnya tersebut, akhirnya Denny memutuskan untuk keluar dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ngawi dan fokus berkarier di dunia musik hingga sukses seperti sekarang.

Baca Juga: Profil Sunny Dahye, Youtuber Korea Selatan Lulusan FH UGM Jogja yang Dituding Hina Warga Indonesia

Kesuksesannya di dunia musik lebih tambah diakui setelah diganjar sejumlah penghargaan untuk nominasi Lagu Patah Hati Terbaik, Lagu Patah Hati Terfavorit, dan Penyanyi Ambyar Pria Terbaik pada Ambyar Awards yang ditayangkan di MNC TV.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya