SOLOPOS.COM - Pilot asal Indonesia, Captain Baldi, yang menerbangkan Emirates A380 dari Dubai ke Denpasar, Bali. (Twitter @GerryS)

Solopos.com, SOLO-Pilot yang menerbangkan pesawat Emirates A380 berkebangsaan Indonesia yaitu Captain Baldi, simak profil singkatnya. Sebagaimana diketahui untuk kali pertama pesawat komersial super jumbo ini mendarat di Indonesia.

Pesawat Emirates A380 resmi mendarat di Bandara International I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali pada Kamis (1/6/2023) pukul 16.35 WITA.  Dikutip dari Antara, Jumat (2/6/2023), Airbus A380-800 merupakan pesawat penumpang komersial terbesar yang beroperasi saat ini, baik dari sisi kapasitas maksimal penumpang maupun dimensi pesawat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pesawat ini dilengkapi dengan empat mesin yang dihadirkan oleh Rolls-Royce, yakni Trent 900. Tetapi ada pula varian pesawat yang ditenagai oleh mesin Engine Alliance GP7200 asal pabrikan General Electric dan Pratt & Whitney. Masing-masing dari mesin ini mampu memberikan daya dorong sebesar 70.000 lb.

Berkat dorongan dari mesinnya, pesawat ini mampu melaju dengan kecepatan 0,85 mach (sekitar 1.050 km/jam). A380 ini mampu menjelajahi udara hingga jarak maksimum sejauh 15.000 km dan mampu mengudara hingga ketinggian 43.100 kaki.

Pesawat Airbus A380 milik maskapai Emirates ini ternyata diterbangkan oleh pilot asal Indonesia yang sudah bekerja dengan Emirates selama hampir 16 tahun, profilnya tentu menarik untuk dikulik. Fakta ini diungkap oleh Pengamat Penerbangan Gerry Soejatman di akun Twitternya pada Jumat (2/6/2023).

“Banyak orang Indonesia berkarya di Emirates! Penerbangan A380 berjadwal Emirates pertama ke Indonesia diterbangi oleh Capt Baldi dan Mas Ju. Capt Baldi temen lama, seneng banget pas tau dia yang nerbangin A380 ke Bali kemarin, and a nice landing too!!!!” tulis @GerryS dalam cuitannya.

Cuitan ini langsung mendapatkan banyak respons warganet. Tak sedikit warganet mengatakan sudah menjadi tradisi maskapai tersebut setiap inaugural flight pakai pilot asal negara tujuan.

“Emirates kayaknya hampir tiap inaugural flight pakai PIC asal negara tujuan, waktu ke Sao Paulo dulu juga mereka di video bangga banget pakai pilot Brazil. Local pride-nya ngena banget. Lumayan mengobati maskapai negara itu tak punya A380, setidaknya A380  EK milik bersama,” cuit @kemasadri dikutip dari Twitter.

“Wah ada orang Indonesia sebagai pilot A380, keren sekali, baru tahu,” cuit @andriansyah.

Melansir dari akun LinkedIn, profil pilot Emirates A380 ke Indonesia adalah seorang pilot asal Indonesia bernama lengkap Kardibaldi Wardaja. Kapten Baldi merupakan lulusan Australian Aviation College pada 1994. Ia kemudian bekerja di Merpati Nusantara Airlines selama 7 tahun 3 bulan sebagai First Officer.

Kariernya kemudian berlanjut di PT Lion Air pada 2022. Ia bekerja sebagai Company Check Pilot selama 5 tahun. Hingga akhirnya pada Januari 2007, Kapten Baldi menjadi pilot di Emirates. Untuk diketahui, Emirates akan mengoperasikan dua tipe pesawat A380 di Indonesia, yakni tipe dua kelas business and economy dan tipe tiga kelas first class, business, and economy.

Melansir dari situs resmi Emirates, penerbangan Emirates EK368 meninggalkan Dubai pada pukul 03.10 dan tiba di Bali pada pukul 16.20 WITA. Penerbangan kembali, EK369, akan berangkat dari Bali pada pukul 19.40 WITA dan tiba di Dubai pada pukul 00.45. Semua waktu bersifat lokal. Dalam pendaratan pertamanya di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, pesawat ini disambut oleh Yang Mulia Abdulla Salem AlDhaheri, Duta Besar UEA untuk Indonesia, Wakil Presiden Senior Emirates, Operasi Komersial Orhan Abbas, bersama sejumlah pejabat.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Profil Captain Baldi, Pilot asal Indonesia yang Terbangkan Emirates A380  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya