SOLOPOS.COM - Asnawi Mangkualam (kiri) saat memperkuat Timnas Indonesia menghadapi Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Selasa (14/6/2022). (Antara/Humas PSSI)

Solopos.com, SOLO – Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, sedang menjadi pembicaraan hangat pencinta sepak bola Tanah Air setelah dikabarkan sempat jadi incaran salah satu klub raksasa K-League, Jeonbuk Hyundai Motors.

Di kutip dari akun Twitter @Kleague-id, ketertarikan klub Liga Korsel, Jeonbuk Hyundai Motors kepada Asnawi tersebut kali pertama beredar dari jurnalis media Sports Chosun, Bolmanchan.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Jeonbuk Hyundai Motors disebut sempat berpikir dan berminat mengamankan jasa Asnawi Mangkualam setelah ditinggal bek kanan mereka, Lee Yong, yang hengkang secara mendadak.

“Jeonbuk Hyundai sempat terpikir untuk ‘merekrut’ Asnawi, setelah Lee Yong (Right Back) keluar dr Jeonbuk secara tiba2,” tulis akun @kleague_id.

Namun, untuk saat ini Asnawi dipastikan tetap bersama klubnya Ansan Greeners. Hal itu dikarenakan bursa transfer pemain di Liga Korsel sudah ditutup dan kompetisi sudah bergulir. Ketertarikan Jeonbuk Hyuandai tersebut hanya sesaat karena Lee Yong tiba-tiba keluar dan besok harinya bursa transfer sudah ditutup.

Baca Juga:  Tiga Laga Berat Menanti Persis Solo, Ini yang Disiapkan Coach Jacksen

Asnawi bergabung dengan Ansan Greeners sejak 1 Februari 2021. Ia kontrak hingga 31 Desember 2023 dengan opsi perpanjangan setahun.

Dari data profil yang ada, sebelumnya Asnawi pernah memperkuat Persiba Balikpapan pada 2013, kemudian pindah ke PSM Makassar pada 2017-2021. Setelah itu ia menerima tawaran dari klub Divisi 2 Liga Korsel yaitu Ansan Greeners.

Di level Timnas Indonesia, Asnawi telah memperkuat skuad Merah Putih pada 2013 (U-17), 2016-2018 (U-19), 2017 (U-23), dan 2017-sekarang (Timnas senior).

Baca Juga: Klasemen Liga 1 2022/2023 Pekan 1, Lengkap Hasil Pertandingan Hari Ini

Karier Asnawi di sepak bola cukup bagus. Dia menjadi salah satu pemain muda Indonesia yang bisa bermain di luar negeri.

Sebelum bergabung dengan klub Korea Selatan, Asnawi memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Liga 1 2016. Saat itu usinya 17 tahun lima hari.

Baca Juga: Jumlah Penonton Pekan 1 Liga 1 2022 Tembus 90.937, Siapa Pegang Rekor?

Asnawi memulai debut bersama Timnas Indonesia senior pada 21 Maret 2017 ketika melawan Myanmar. Ia tampil sebagai pemain pengganti. Ketika itu dia baru berusia 17 tahun 167 hari.

Berikut ini profil singkat Asnawi Mangkualam:
Nama lengkap: Asnawi Mangkualam Bahar
Tempat Lahir: Makassar
Tanggal lahir: 4 Oktober 1999 (umur 22 Tahun).
Klub: Ansan Greeners (K-League 2)
Posisi: Bek kanan/gelandang bertahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya