SOLOPOS.COM - Asnawi Mangkualam. (Instagram/@asnawi.bhr)

Solopos.com, SOLO — Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam menjadi sorotan di media sosial setelah aksinya jenaka kepada pemain Singapura, Faris Ramli. Ia kemudian menjadi sasaran empuk netizen dan mencari tahu profil sosok Asnawi Mangkualam.

Diberitakan sebelumnya, foto ekspresi Asnawai yang mendekati pemain Singapura setelah gagal mengeksekusi penalti pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020, antara Indonesia melawan Singapura di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam bertebaran di dunia maya.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Foto tersebut kemudian menjadi bahan meme dan diunggah di media sosial. Salah satunya meme yang menggambarkan Asnawi tengah melamar Faris Ramli. Di sisi lain, Asnawi Mangkualam dengan profil kapten Tim Nasional berterima kasih kepada Faris lantaran Indonesia terhindar dari kekalahan.

Baca Juga: Kisah Pemain Timnas Arhan, Sang Ibu Rela Utang Demi Anak Sekolah Bola

Profil Asnawi Mangkualam

Asnawi memiliki nama lengkap Asnawi Magkualam Bahar. Bek kanan Timnas Indonesia itu lahir di Makasar pada 4 Oktober 1999. Ia merupakan anak dari pasangan Bahar Muharram dan Fatmawati Rasak.

Dikutip dari Suara, Minggu (26/12/2021), Asnawi gemar bermain sepak bola sejak kecil. Ia dikenalkan dengan dunia sepak bola oleh sang ayah yang juga mantan pemain bola dan kini menjadi asisten pelatih PSM Makasar.

Karier sepak bolanya dimulai saat memperkuat PSM Makasar Yunior 2014 hingga 2015. Asnawi berlanjut mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga 2016. Ia memulai karier profesional dengan bergabung Persiba Balikpapan pada 2016. Setahun kemudian, ia kembali ke klub PSM Makassar hingga 2021.

Baca Juga: Nadeo Argawinata Jadi Pahlawan, Kiper Singapura Juga Menarik Perhatian

Kepiawainya bermain si kulit bundar membuat klub asal Korea Selatan tertarik merekrutnya. Singkat cerita, Asnawi akhirnya bergabung di klub Ansan Greeners, tim K-League 2, atas rekomendasi juga dari pelatih kepala tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, yang juga mantan pemain dan pelatih klub K League 1 Seongnam Ilhwa Chunma.

Dikutip dari Bisnis.com, Asnawi Mangkualam yang memilik profil mentereng di Indonesia menjadi pemain sepakbola pertama yang pernah bermain di K League. Ia bermain penuh pada debutnya bersama Ansan dengan kemenangan 1-0 melawan klub Liga K4 Yangpyeong di Piala FA lokal.

Baca Juga: Viral, Ekspresi Kocak Asnawi Seusai Pemain Singapura Gagal Penalti

Sementara di Timnas Indonesia, Asnawi memulai kariernya dengan menjadi pemain timnas U-16. Ia bermain laga pertama internasional bersama timnas seniorsaat menjadi pemain pengganti dalam pertandingan persahabatan melawan Myanmar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya