Profil Adang Daradjatun, Mantan Wakapolri yang Jadi Ketua MKD DPR

Profil Adang Daradjatun yang resmi menjabat Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menggantikan Aboe Bakar Al-Habsy lewat rapat penetapan pada Selasa (27/9/2022).

 Adang Darajatun (FOTO/Dok)

SOLOPOS.COM - Adang Darajatun (FOTO/Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Profil Adang Daradjatun yang resmi menjabat Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menggantikan Aboe Bakar Al-Habsy lewat rapat penetapan pada Selasa (27/9/2022).

Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua DPR Rachmad Gobel. Menurut Gobel, pengangkatan Adang menjadi ketua MKD sesuai surat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR No.254/TSTF-F-PKS/DPRRI/IX/2022 tertanggal 22 September 2022.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

“Sesuai dengan surat Fraksi PKS dengan ini kami selaku pimpinan dewan menetapkan, dr. Drs. H. Adang Daradjatun nomor anggota 426 dari Fraksi PKS menjadi ketua MKD dan menggantikan saudara Habib Aboe Bakar Al-Habsy nomor anggota 454. Apakah dapat disetujui?” ujar Gobel diikuti ketukan palu di Gedung Nusantara I Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa.

Nah, berikut profil Adang Daradjatun yang baru saja ditetapkan sebagai Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR:

Dilansir dari situs pribadinya, adangdaradjatun.id, Adang merupakan mantan Wakil Kepala Polri (Wakapolri). Sejak kecil, dia mengaku bercita-cita menjadi polisi, meski ayahnya merupakan seorang jaksa. Ternyata ayahnya sempat menentang cita-cita tersebut.

Baca Juga : Adang Daradjatun Resmi Menjadi Ketua MKD DPR, Gantikan Aboe Bakar Al-Habsy

Adang akhirnya menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI). Dia akhirnya memulai karier sebagai Inspektur Dinas Komando Sektor Kota 711 Jakarta Pusat pada 1971.

Kariernya terus menanjak sehingga Adang ditunjuk menjadi Kapolsek Kebayoran Lama Jakarta Selatan pada 1980. Saat itu, dia berpangkat Kapten Polisi.

Pada 1987, dia ditarik ke Mabes Polri menjadi Kabag Sospol Direktorat Intelijen dan Pengamanan. Pada 2020, pria kelahiran Bogor itu juga sempat menjadi Kapolda Jawa Barat.

Lalu, sejak 2001 Adang ditunjuk sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri (Korsahli). Setahun kemudian, dia menjabat Kababinkam atau Kepala Badan Pembinaan Keamanan Polri yang membawahi Direktorat Samapta, Lalu lintas, Polisi Perairan, Polisi Udara, dan Pengamanan Obyek Khusus.

Pada 2004 Adang diangkat menjadi Wakapolri dengan tugas lebih pada mengkoordinasi seluruh kegiatan staf Mabes Polri. Saat itu, dia sudah berpangkat Komisaris Jenderal atau bintang tiga Polisi.

Baca Juga : Profil Abdullah Azwar Anas yang bakal Dilantik jadi Menpan RB Hari Ini

Pada Pilkada DKI Jakarta 2007, Adang sempat menjadi calon gubernur berpasangan dengan Dani Anwar. Mereka diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, mereka kalah dari pasangan Fauzi Bowo dan Prijanto. Pada 2009 hingga kini, Adang terpilih menjadi anggota DPR RI dari PKS.

Dia mewakili daerah pemilihan DKI Jakarta III, yaitu Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Pada hari ini, Selasa (17/9/2022), Adang dipercaya menjadi Ketua MKD DPR RI.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Profil Adang Daradjatun, Eks Wakapolri yang Jadi Ketua MKD DPR

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wow! Mentalis Deddy Corbuzier Kini Berpangkat Letkol Tituler TNI AD

      Pemerintah melalui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberi pangkat Letkol Tituler TNI AD kepada Deddy Corbuzier, Jumat (9/12/2022).

      Pernikahan Penghayat Kepercayaan Diakui, Islam Serukan Pentingnya Toleransi

      Menurut Kiai Afifuddin, sikap tasamuh atau toleransi menjadi kunci bagi terciptanya kesejukan antarumat beragama.

      Wahyu Iman Santoso, Mantan Hakim PN Karanganyar yang Pimpin Sidang Sambo

      Wahyu Iman yang berusia 46 tahun kini menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

      Profil Wahyu Iman Santoso, Hakim Kasus Ferdy Sambo yang Dilaporkan ke KY

      Wahyu Iman yang berusia 46 tahun kini menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

      Ini Kronologi Tambang Batu Bara di Sawahlunto Meledak

      Polisi menyampaikan kronologi kejadian tambang di Sawahlunto, Sumatera Barat yang meledak pada Jumat (9/12/2022) pukul 09.00 WIB.

      Keceplosan, Ferdy Sambo Mengaku Menembak Punggung Brigadir Yosua

      Momentum saat Sambo keceplosan ikut menembak Yosua itu terjadi ketika jaksa penuntut umum menunjukkan sejumlah barang bukti ke depan majelis hakim.

      Tambang di Sawahlunto Meledak, Ini Identitas 9 Orang yang Meninggal

      Polisi menyebut sembilan orang meninggal diduga akibat gas metan yang meledak di area tambang milik PT Nusa Alam Lestari (NAL), Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Jumat (9/12/2022).

      Mengaku Cemburu, Suami Bunuh Istri Siri yang Hamil Lima Bulan

      Motif tindakan suami membunuh istri siri yang sedang hamil itu karena cemburu sang istri punya pria idaman lain (PIL).

      Kasus Jasad Mengering Kalideres Disetop, Polisi: Sekeluarga Meninggal Wajar

      Polisi menyebut tidak adanya indikasi bunuh diri maupun pembunuhan dalam kasus kematian empat orang satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat tersebut.

      Kematian Keluarga Kalideres, Polisi: Tidak Ada Indikasi Bunuh Diri & Pembunuhan

      Polisi menyebut tidak ada tindak pidana dalam kasus kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat.

      Hakim Wahyu Dilaporkan Kuat Ma'ruf, KY: Sidang Kasus Yosua Jalan Terus

      Pernyataan Kuat Ma'ruf bohong, buta dan tuli yang disiarkan secara langsung oleh sejumlah televisi nasional itu dinilai tendensius sehingga membentuk persepsi negatif di masyarakat.

      Pascateror Bom Bunuh Diri, Polsek Astanaanyar Banjir Karangan Bunga

      Sejumlah karangan bunga dari berbagai elemen masyarakat mulai membanjiri halaman Mapolsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat (9/12/2022).

      Hakim Wahyu Dilaporkan ke KY karena Sebut Kuat Ma'ruf Bohong, Buta dan Tuli

      Pernyataan Kuat Ma'ruf bohong, buta dan tuli yang disiarkan secara langsung oleh sejumlah televisi nasional itu dinilai tendensius sehingga membentuk persepsi negatif di masyarakat.

      Kerja Cepat, 5.000 Personel Gabungan Bersihkan Puing-puing Dampak Gempa Cianjur

      Sebanyak 5.000 orang personel gabungan membantu membersihkan puing dan material rumah yang rusak akibat gempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

      Wapres Ma'ruf Amin akan Berikan Ular-ular di Pernikahan Kaesang-Erina

      Wapres Ma'ruf Amin akan memberikan nasihat pernikahan atau ular-ular kepada kedua mempelai, Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono.