SOLOPOS.COM - Adang Darajatun (FOTO/Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Profil Adang Daradjatun yang resmi menjabat Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menggantikan Aboe Bakar Al-Habsy lewat rapat penetapan pada Selasa (27/9/2022).

Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua DPR Rachmad Gobel. Menurut Gobel, pengangkatan Adang menjadi ketua MKD sesuai surat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR No.254/TSTF-F-PKS/DPRRI/IX/2022 tertanggal 22 September 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sesuai dengan surat Fraksi PKS dengan ini kami selaku pimpinan dewan menetapkan, dr. Drs. H. Adang Daradjatun nomor anggota 426 dari Fraksi PKS menjadi ketua MKD dan menggantikan saudara Habib Aboe Bakar Al-Habsy nomor anggota 454. Apakah dapat disetujui?” ujar Gobel diikuti ketukan palu di Gedung Nusantara I Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa.

Nah, berikut profil Adang Daradjatun yang baru saja ditetapkan sebagai Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR:

Dilansir dari situs pribadinya, adangdaradjatun.id, Adang merupakan mantan Wakil Kepala Polri (Wakapolri). Sejak kecil, dia mengaku bercita-cita menjadi polisi, meski ayahnya merupakan seorang jaksa. Ternyata ayahnya sempat menentang cita-cita tersebut.

Baca Juga : Adang Daradjatun Resmi Menjadi Ketua MKD DPR, Gantikan Aboe Bakar Al-Habsy

Adang akhirnya menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI). Dia akhirnya memulai karier sebagai Inspektur Dinas Komando Sektor Kota 711 Jakarta Pusat pada 1971.

Kariernya terus menanjak sehingga Adang ditunjuk menjadi Kapolsek Kebayoran Lama Jakarta Selatan pada 1980. Saat itu, dia berpangkat Kapten Polisi.

Pada 1987, dia ditarik ke Mabes Polri menjadi Kabag Sospol Direktorat Intelijen dan Pengamanan. Pada 2020, pria kelahiran Bogor itu juga sempat menjadi Kapolda Jawa Barat.

Lalu, sejak 2001 Adang ditunjuk sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri (Korsahli). Setahun kemudian, dia menjabat Kababinkam atau Kepala Badan Pembinaan Keamanan Polri yang membawahi Direktorat Samapta, Lalu lintas, Polisi Perairan, Polisi Udara, dan Pengamanan Obyek Khusus.

Pada 2004 Adang diangkat menjadi Wakapolri dengan tugas lebih pada mengkoordinasi seluruh kegiatan staf Mabes Polri. Saat itu, dia sudah berpangkat Komisaris Jenderal atau bintang tiga Polisi.

Baca Juga : Profil Abdullah Azwar Anas yang bakal Dilantik jadi Menpan RB Hari Ini

Pada Pilkada DKI Jakarta 2007, Adang sempat menjadi calon gubernur berpasangan dengan Dani Anwar. Mereka diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, mereka kalah dari pasangan Fauzi Bowo dan Prijanto. Pada 2009 hingga kini, Adang terpilih menjadi anggota DPR RI dari PKS.

Dia mewakili daerah pemilihan DKI Jakarta III, yaitu Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Pada hari ini, Selasa (17/9/2022), Adang dipercaya menjadi Ketua MKD DPR RI.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Profil Adang Daradjatun, Eks Wakapolri yang Jadi Ketua MKD DPR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya