Profil Abdul Somad, Penceramah Langganan Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

Profil Abdul Somad, Penceramah Langganan Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

SOLOPOS.COM - Ustaz Abdul Somad (Instagram)

Ustaz Abdul Somad merupakan penceramah kelahiran Sumatera Utara.

Solopos.com, SOLO – Sebagai negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak sosok penceramah. Salah satunya adalah Ustaz Abdul Somad. Ustaz kelahiran Sumatera Utara itu kini kerap menghiasi halaman trending Youtube karena ceramah-ceramahnya.

Abdul Somad merupakan kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara pada 18 Mei 1977. Ustaz berusia 40 tahun itu dikenal karena kelugasannya dalam berceramah. Tak jarang, Abdul Somad seperti sedang berorasi dengan semangat membara saat mengisi khotbah salat jumat.

Di masa kanak-kanaknya, Abdul Somad menimba ilmu di SD Al-Washliyah, Medan, Sumatera Utara. Ia lulus sekolah dasar pada tahun 1990. Kemudian ia melanjutkan sekolah di Mts Mu’alimin Al-Washliyah yang juga di Medan. Tahun 1993 ia melanjutkan sekolah setingkat SMA,namun kali ini bukan di Medan. Abdul Somad menimba ilmu di Madrasah Aliyah Nurul Falah Air Molek, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau.

Berdasarkan beberapa sumber yang didapatkan Solopos.com, Minggu (25/2/2017), selepas SMA, Abdul Somad sempat berkuliah selama dua tahun di  Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Baca:
Kala Limbad Bertanya Kepada Ustaz Abdul Somad
Akun IG Ustaz Abdul Somad
Gereja Buka Halapan untuk Parkir Jemaah Ustaz Abdul Somad

Selanjutnya, Andul Somad dikabarkan mendapat beasiswa dari Pemerintah Mesir untuk berkuliah di Universitas Al-Azhar. Ia menyelesaikan kuliah setara Strata 1 (S1) dalam kurun waktu 3 tahun 10 bulan dan mendapatkan gelar .Lc (Licence). Abdul Somad lulus S2 dari Institut Dar Al Hadis Al-Hassania di Maroko.

Selepas menimba ilmu, Abdul Somad sempat menjadi dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau dan di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar, Masmur, Riau. Abdul Somad juga pernah menjadi anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau dan aktif di Nahdatul Ulama cabang Riau.

Melalui kapasitas dan latar belakang pendidikannya, Abdul Somad sudah menerjemahkan beberapa buku dari timur tengah. Buku yang ia terjemahkan biasanya membahas berbagai permasalahan dari sudut pandang Islam.

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Setahun Proses Seleksi, 3 Jabatan Eselon II Pemkab Klaten Akhirnya Terisi

Bupati Klaten Sri Mulyani melantik tiga pejabat yang mengisi tiga jabatan eselon II yang selama setahun ini melewati proses seleksi.

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Dikhawatirkan Picu Kerumunan, Pasar Tiban di Pekalongan Dibubarkan

Meningkatnya aktivitas warga menjelang Lebaran, terutama di Alun-alun Kota Pekalongan rawan memicu penyebaran virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Warga di 12 Padukuhan di Sleman Dilarang Salat Id Berjamaah

Kalau sudah zona merah, salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan tidak dibolehkan.

Kemenag Jateng Sebut Sudah 300 Ulama Meninggal Akibat Covid-19

Data dari Kementerian Agama pusat ada 300 ulama yang meninggal akibat terpapar Covid-19 se-Indonesia.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

Mudik Dilarang, Pedagang di Madiun Ngeluh Pasar Sepi Jelang Lebaran

Jika dibandingkan dengan momen Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kondisi pasar menjadi paling sepi.

Usulan Liga 1 Tanpa Degradasi, Presiden Pasoepati: Ini Kompetisi atau Tarkam?

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, menyayangkan munculnya gagasan kompetisi tanpa degradasi di Liga 1 maupun Liga 2. Menurut Gondrong, liga tanpa degradasi sama saja mengebiri ruh kompetisi.