SOLOPOS.COM - Politikus PKB Abdul Halim Iskandar tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Antara-Puspa Perwitasari)

Solopos.com, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menjadi salah satu wajah baru di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Maruf Amin. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini sebelumnya cukup dikenal dengan karier politiknya di DPRD Jawa Timur.

Gus Halim, sapaan akrabnya, merupakan kakak kandung Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, yang sama-sama berasal dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Mereka juga keturunan keluarga pondok pesantren dan masih memiliki hubungan darah dengan Presiden ke-4 RI, K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Soal kariernya di bidang politik, Gus Halim saat ini tercatat menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) periode 2019-2024. Di periode sebelumnya, Gus Halim memangku Ketua DPRD Jatim.

Saat masih menjadi mahasiswa, pria kelahiran 14 Juli 1962 ini pernah dipercaya oleh organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menjabat menjadi ketua komisi pada periode 1984 – 1986.

Seusai menyelesaikan studi pascasarjana dari IKIP Malang, Abdul Halim Iskandar terus berkiprah melalui jalur politik. Melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dia dipilih menjadi anggota DPRD Jawa Jombang.

Terungkap! Alasan Jokowi Pilih Nadiem Makarim Jadi Mendikbud

Abdul Halim Iskandar sempat menjabat sebagai Ketua DPRD Jombang dua periode secara berturut-turut. Dia pun sempat menjabat sebagai Wakil ketua DPRD di Provinsi Jawa Timur.

Abdul Halim Iskandar sendiri sempat berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pada 2018 silam dia dipanggil sebagai saksi terkait penyidikan perkara tindak pidana pencucian uang dengan tersangka mantan Bupati Nganjuk Taufiqurrahman.

Resmi Jadi Menhan, Prabowo Pilih Pulang dan Belum Ngantor

Berikut profil singkat Abdul Halim Iskandar:

1. Tempat, tanggal lahir: Jombang, 14 Juli 1962
2. Istri : Lilik Umi Nashia
3. Pendidikan:
- SD - Madrasah Aliah Negeri (MAN) : Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Desa Denanyar, Jombang.
- Perguruan Tinggi : IKIP Yogyakarta
4. Pekerjaan:
- Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Hasyim Asyari (1993 - 1997)
- Ketua DPRD Jatim (2014 - 2019)
- Wakil Ketua DPRD Jatim (2019 - sekarang)
- Menteri Desa, Pembangunan Tertinggal, dan Transmigrasi (2019 - sekarang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya