SOLOPOS.COM - Stephen Hawking (time.com)

Stephen Hawking (time.com)

LONDON—Ilmuwan Stephen Hawking menerima penghargaan Special Fundamental Physics Prize atas sejumlah karyanya di bidang ilmu pengetahuan. Hawking juga menerima hadiah berupa uang sebesar 1,8 juta poundsterling atau sekitar Rp28 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Teorinya tentang radiasi lubang hitam, pembentukan alam semesta serta gravitasi kuantum dianggap memberi sumbangan besar pada ilmu pengetahuan dewasa ini. Penghargaan itu diberikan oleh miliarder Rusia, Yuri Milner, yang juga pernah menempuh pendidikan tingkat PhD di bidang Fisika. Namun Yuri memilih keluar dan berbinis di bidang internet dan social media yang membawanya menjadi salah satu orang kaya di Rusia.

Kandidat penerima penghargaan diseleksi sekelompok ilmuwan di antaranya Ed Witten dan Alan Guth. Seleksi kandidat telah dilakukan pada Juli lalu.

Stephen William Hawking lahir pada 8 January 1942. Hawking pernah mengajar di Universitas Cambridge Inggris pada 1979-2009. Ia adalah salah satu profesor di bidang Matematika. Ia bahkan disebut-sebut sebagai salah satu ilmuwan terbesar abad ini. (Wikipedia, Guardian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya