SOLOPOS.COM - Ilustrasi (klenskeink.com)

Profesionalisme wartawan terus ditingkatkan dengan cara uji kompetensi reporter.

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Tengah berupaya meningkatkan profesionalisme wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (19-20/5/2015).

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Kegiatan UKW yang dibuka Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Sasongko Tedjo di Hotel Santika, Purwokerto, Selasa, diikuti 50 wartawan media cetak dan elektronik (televisi, radio, dan ‘online’) dari Kabupaten Banyumas, Cilacap, dan Purbalingga.

Saat memberi sambutan dalam Pembukaan UKW, Ketua PWI Cabang Jateng Amir Machmud mengatakan UKW merupakan prosedur yang harus ditempuh wartawan agar profesional dan memiliki kompetensi.

Menurut dia, peserta UKW akan mengikuti uji kompetensi untuk tingkat muda, madya, dan utama.

“Kita tidak bisa menjamin semua bisa lulus. Kita punya semangat untuk mengikuti uji kompetensi ini, ikut prosedur organisasi, dan mengembangkan agar lebih baik,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Amir menyampaikan terima kasih kepada Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang telah memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan UKW.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Sasongko Tedjo mengatakan bahwa PWI Jateng merupakan PWI cabang yang paling banyak menggelar UKW.

“Ini yang ke-11 kali,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa PWI Pusat menggelar UKW sejak tahun 2011 pascapenandatanganan Piagam Palembang.

Menurut dia, ada tiga hal penting dalam Piagam Palembang, yakni standarisasi kompetensi wartawan, standarisasi perusahaan pers, dan standarisasi organisasi pers.

“Tujuan Piagam Palembang adalah mengangkat harkat dan profesi wartawan,” katanya.

Di bagian akhir, Sasongko menyampaikan terima kasih atas kepedulian Pertamina sehingga UKW di Purwokerto dapat terlaksana.

Menurut dia, selain Pertamina, sejumlah perusahaan juga telah menunjukkan kepedulian terhadap pelaksanaan UKW di antaranya Bank Mandiri dan PT Astra.

“Kami mengharapkan UKW ini berjalan dengan sukses,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya