SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Dalam rangka mengenang 122 tahun Profesor Sardjito, UGM mengusulkan rektor pertama UGM tersebut sebagai pahlawan nasional.

Sejarawan UGM, Sutaryo mengatakan, Profesor Sardjito tidak hanya berjasa dalam dunia pendidikan dan kesehatan, tetapi juga dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Dedikasi ini ia buktikan semasa perang kemerdekaan dengan mengupayakan ketersediaan obat-obatan, vitamin bagi para prajurit serta pos kesehatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk itu UGM merasa wajib untuk mengusulkan beliau yang telah memiliki bintang gerilya dan bintang mahaputra menjadi pahlawan nasional,” jelas Sutaryo.

Ekspedisi Mudik 2024

Rencana pengusulan tersebut akan dibahas dalam Peringatan 122 Tahun Prof. Sardjito pada Sabtu (13/8) di Balai Senat UGM.

Sampai saat ini terdapat delapan tokoh UGM yang telah dianugerahi gelar pahlawan nasional seperti Abdurrachman Saleh, Soekarno, Ki Hadjar Dewantara, Moh Hatta, Herman Johanes, Suharso, Supomo, dan Sri Sultan HB IX. (Harian Jogja/Mediani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya