SOLOPOS.COM - Apple Ipad Air (seattlepi.com)

Harianjogja.com, JAKARTA – Foxconn, produsen elektronik asal Taiwan, mempertimbangkan Jogja sebagai lokasi pabrik yang mereka rencanakan dibangun di Indonesia.

Menteri Perindustrian M. S. Hidayat mengatakan, perwakilan Foxconn telah bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membicarakan rencana pendirian pabrik di Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia memperkirakan, Foxconn memilih Jogja sebagai lokasi alternatif karena provinisi tersebut mampu menyediakan sumber daya manusia yang dibutuhkan produsen ponsel dan tablet itu.

“Mereka minta banyak doktor, insinyur minta ribuan, terutama insinyur teknik elektronya,” kata Hidayat di Istana Merdeka, Rabu (20/11/2013).

Dia menambahkan, Foxconn bertanya kepada Sultan tentang ketersediaan lahan di Jogja untuk dijadikan lokasi pembangunan pabrik.

“Dia juga bertanya kepada Sultan apa bisa berikan kesiapan lahannya, Sultan pasti bilang iya, dia punya tanah,” kata Menperin.

Sebelumnya, Foxconn mengumumkan rencana pendirian basis produksi di Modern Cikande Industrial Estate di Serang dengan nilai investasi US$10 miliar.

Rencananya pendirian pabrik tersebut dimulai pada akhir 2012, namun tertunda karena permasalahan yang tidak diumumkan kepada publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya