SOLOPOS.COM - Ilustrasi (creditsesame.com)

Ilustrasi (creditsesame.com)

Ilustrasi (creditsesame.com)

“Entar aja, ah!” “Hmmm, masih lama kok, masih bisa besok-besok.” Sering enggak kalian berucap seperti itu? Biasanya orang menunda suatu pekerjaan yang dianggap membosankan dan menakutkan. Pertama-tama mereka menundanya selama 5 menit, lalu berlanjut menjadi setengah jam, kemudian beberapa jam, dan akhirnya pekerjaan itu malah tidak dilakukan sama sekali dan terbengkalai.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Alhasil, kita jadi tidak bisa menikmati hari-hari dengan enjoy. Terlalu banyak membuang-buang waktu memikirkan pekerjaan yang tertunda tersebut justru akan membuat Anda stress dan tidak fokus pada pekerjaan yang lain.

Lalu kenapa masih banyak orang melakukannya? Masalah yang terjadi adalah karena kebanyakan orang telanjur terjebak dalam kebiasaan menunda ini. Akhirnya, mereka jadi lupa bagaimana menghadapi situasi-situasi yang sulit. Tapi tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang di kutip dari michaelhyatt.com untuk kalian yang ingin mengontrol kehidupan sehari-hari dan menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

Kerjakan tugas yang paling sulit terlebih dulu
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengerjakan tugas yang menurut Anda paling sulit dulu, barulah mulai lakukan pekerjaan yang ringan kemudian. Lakukan pekerjaan tersebut selagi Anda masih memiliki banyak energi, makan hasilnya pasti akan baik. Namun, jika Anda baru melakukan pekerjaan sulit tersebut di akhir aktivitas Anda, maka hal ini akan menghabiskan energi dalam sehari. Pada akhirnya, stres akan mudah datang dan akan mempengaruhi pekerjaan yang lain.

Buatlah jadwal dan daftar pekerjaan kalian, dan pastikan kalian mengerjakan dari yang paling berat dahulu. Pekerjaan sulit ini bukan berarti sebuah pekerjaan yang berat, bisa saja ini hanyalah pekerjaan yang paling kalian benci atau takuti. Dengan menyelesaikan pekerjaan tersulit lebih dulu maka Anda akan merasa lebih berenergi dan produktif sepanjang hari.

Bagilah pekerjaan menjadi beberapa bagian
Orang biasanya bingung ketika sebuah pekerjaan besar menumpuk dihadapan Anda. Anda pasti akan bingung bagaimana cara memulainya dan hal apa yang harus dilakukan dulu. Anggap saja pekerjaan Anda itu seperti sebuah hutan, ada banyak pohon di dalam hutan. Tidak akan mudah mengetahui semua jenis pohon tersebut jika dilakukan secara bersamaan, maka mulailah dari satu pohon dan barulah pindah ke pohon lainnya.

Jika kaliang ingin membereskan kamar yang berantakan misalnya, mulailah membereskannya dimulai dari satu lemari dulu saja. Membereskan lemari pakaian misalnya, akan lebih mudah daripada mencoba untuk membersihkan seluruh kamar dalam waktu yang bersamaan. Lakukanlah langkah-langkah kecil setiap hari, maka kamu akan tahu bahwa pekerjaan tersebut tidaklah sulit dan menyebalkan.

Pasang alarm
Kalian pasti akan merasa bersalah ketika baru sadar masih banyak pekerjaan yang belum dikerjakan selama seharian. Hindari kebiasaan ini dengan memasang alarm pada ponsel setiap tengah hari seperti pukul 12.00 atau 13.00. Lalu tulislah pekerjaan apa saja yang sudah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan selama satu hari tersebut.

Rencanakan kembali jadwalmu dalam sehari dan dahulukanlah pekerjaan yang paling penting pada hari itu. Ambil waktu untuk istirahat sejenak seperti untuk makan siang, makan camilan atau menjalankan ibadah. Semangat yang muncul kembali setelah rehat harus dimanfaatkan untuk memnuntaskan hal-hal yang belum dilakukan.

Dedikasikan diri untuk pekerjaan
Ada trik lama yang terbukti ampuh untuk membantu kalian lebih produktif, yaitu dengan cara memajukan jam sepuluh menit lebih cepat. kalau kamu melihat jam sepuluh menit lebih cepat, maka kamu juga akan sesegera mungkin menyelesaikan tugas-tugas tersebut agar tidak terlambat.

Perasaan takut terlambat menyelesaikan pekerjaan akan membantu anda mengerjakan tugas dengan cepat, dan pada akhirnya setelah pekerjaan-pekerjaan tersebut selsesai Anda akan merasa puas dan bangga pada diri sendiri. Cara yang satu ini terbukti sangat ampuh memotivasi pikiran Anda.

Tulislah tugas di kalender
Membuat rencana akan membantumu bergerak lebih maju dan meninggalkan kebiasaan buruk Anda ini. Tapi, tidak hanya menulis tugas di kalender saja ya, kamu juga harus mengerjakan tugas-tugas tersebut. Buatlah langkah-langkah awal kapan Anda akan mengerjakannya dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Misalnya, rencana untuk pergi les pukul 16.00 dan ketemu teman pukul 17.00. Atur jadwal agar antara satu kegiatan dengan kegiatan lain tidak terlalu mepet waktunya. Dengan mengantisipasi kemungkinan stress dan buru-buru ini, kamu bisa mengurangi rasa cemas dan benci kepada suatu aktivitas. Jadi buatlah jadwal yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Walaupun mungkin kamu menganggap mustahil dapat menghentikan kebiasaan menunda tersebut, namun sebenarnya kamu memiliki kemampuan untuk menghilangkannya. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan pandangan baru tentang aktivitasmu, sedikit dorongan, motivasi, dan jadwal yang teratur, maka kalian pasti bisa menyelesaikan tugas tersebut dan berhenti melakukan kebiasaan menunda selama-lamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya