SOLOPOS.COM - Ilustrasi produksi mobil listrik (typepad.com)

Produksi mobil listrik Tiongkok akan diutamakan untuk memproduksi mobil listrik.

Solopos.com, BEIJING – Tiongkok benar-benar berhasrat untuk merajai industri otomotif dunia. Kali ini, mereka fokus menjadi pionir produksi mobil listrik dunia, bersaing dengan negara-negara produsen mobil listrik dunia.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Tiongkok tengah menggenjot produksi mobil listrik mereka di tahun 2015. Mobil listrik diproyeksikan dapat mengurangi tingkat polusi udara di Negeri Tirai Bambu itu. Tiongkok memang sedang menghadapi masalah serius menangkal polusi udara yang bersumber dari pabrik-pabrik industri.

Dikutip Solopos.com dari Csmonitor.com, Jumat (31/7/2015), pangsa pasar otomotif Tiongkok menjadi yang terbesar di dunia saat ini. Statistik produksi mobil listrik yang dilansir Beijing Daily menyebutkan di bulan Juni 2015 produsen-produsen mobil Tiongkok memproduksi sekitar 25.000 unit mobil listrik.

Di bulan Juni 2015, Tiongkok berhasil memproduksi 16.718 unit mobil battery-electric dan 8.308 unit mobil plug-in hybrid. Jumlah itu mencakup satu pertiga jumlah keseluruhan produksi mobil nasional Tiongkok.

Mobil battery-electric adalah mobil listrik yang menggunakan bahan-bahan kimia hasil olahan baterai mobil sebagai sumber tenaga. Sementara itu, plug-in hybrid merupakan sistem dalam mobil listrik yang memungkinkan mobil menerima listrik dari sumber-sumber dari luar mobil.

Produksi mobil listrik Tiongkok masih fokus pada mobil berkecepatan rendah. Untuk saat ini, kebanyakan mobil listrik produksi Tiongkok memiliki kecepatan maksimum 56 km/jam. Mobil-mobil tersebut juga hanya memiliki fitur-fitur standar mobil. Tiongkok berencana meningkatkan kualitas produksi mobil listrik mereka untuk bersaing dengan Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara Eropa. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya