SOLOPOS.COM - Ford berhenti sementara membuat mobil dan memanfaatkan material airbag untuk APD. (Istimewa)

Solopos.com, NEW YORK - Pabrikan otomotif dunia ramai-ramai menyediakan perangkat untuk tenaga medis dalam usaha berperang melawan virus corona. Kali ini, raksasa otomotif Amerika Serikat, Ford, memproduksi alat pelindung diri atau APD seperti masker dari bahan material airbag.

Dilansir Motor1, Selasa (14/3/2020), pabrik Ford di Detroit telah ditutup karena wabah corona. Tapi mereka tidak tinggal diam, Ford juga terlibat dalam memproduksi APD untuk tenaga medis yang sedang berjuang di garis depan penanganan pandemi covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lembaga Eijkmann Kembangkan Obat Terapi Pasien Covid-19

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam produksi APD, Ford tidak sendirian saja. Pabrikan asal Amerika Serikat ini bekerja sama dengan Beaumont Health dan Joyson Safety Systems untuk mengolah ulang sekitar 1,3 juta unit airbag mobil menjadi APD.

"Kebutuhan untuk melindungi tim medis kita semakin tinggi. Petugas lini depan kami bekerja sepanjang waktu untuk merawat pasien dan kami membutuhkan persediaan yang diperlukan untuk mendukung mereka," ujar Presiden Rumah Sakit Beaumont Health, David Claeys.

Fokus Uji Swab, Pemkot Solo Tak Akan Beli Lagi Alat Rapid Test Covid-19

Selain itu pabrik perakit transmisi Ford di Van Dyke, Michigan juga ikut membantu memproduksi masker wajah.

Begitu pun dengan pabrik perakitan Ford Flat Rock tengah mempersiapkan produksi sekitar 100 ribu respirator. Selain itu, Ford juga berkolaborasi dengan GE Healthcare untuk membangun ventilator.

Target 10.000 Tes PCR Virus Corona Per Hari, 78 Laboratorium Diaktifkan

"Kami tahu, untuk memainkan peran dalam membantu memerangi virus corona, kami harus kerja keras dan bergabung dengan para ahli untuk memperluas produksi peralatan serta pasokan medis yang sangat dibutuhkan, " kata Wakil Presiden Ford Enterprise Product Line Management, Jim Baumbick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya