SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Rata-rata produksi minyak nasional hingga akhir Juni mencapai 960.203 barel per hari (bph) atau naik 553 bph dibandingkan rata-rata produksi pada bulan Mei yang tercatat sebesar 959.650 bph.

“Sementara untuk rata-rata produksi gas bumi sepanjang tahun ini mencapai 8.827 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD),” kata Kepala Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) R Priyono dalam pesan singkatnya, Selasa (29/6).

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Berdasarkan catatan detikFinance, rata-rata produksi minyak nasional memang terus merangkak naik. Hingga akhir maret, rata-rata produksi minyak nasional baru mencapai 953.000 bph, namun pada bulan berikutnya naik sebesar sudah berada di level 956.000 bph.

Kondisi serupa terjadi pada akhir April. Di mana rata-rata produksi minyak naik sebesar 3.650 bph menjadi 959.650 bph.

Menurut Priyono, kenaikan produksi tersebut salah satunya didorong oleh pencabutan rencana pembatasan cost recovery dalam APBN-P 2010.

“Karena cost recovery tidak dibatasi jadi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) lebih bersemangat melaksanakan kegiatan produksi,” jelas Priyono.

Faktor-faktor lain yang mendorongnya yaitu percepatan proses persetujuan work program and budget (WP&B), authorization for expenditure (AFE) dan plan of development (PoD). Kini proses WP&B hanya memakan waktu 25 hari kerja, PoD 31 hari kerja  dan AFE diperkirakan 23-48 hari kerja.

Selain itu, BP Migas juga mendorong kontraktor melakukan infill drilling pada sumur-sumur produksi dan pemeliharaan peralatan bagi fasilitas-fasilitas produksi yang sudah tua untuk mengurangi unplanned shutdown peralatan penunjang produksi.

Meskipun rata-rata produksi minyak secara nasional terus mengalami peningkatan, namun sayangnya, hingga kini target produksi minyak yang dipatok di APBN-P 2010 sebesar 965.000 bph masih belum tercapai.

Sementara untuk rata-rata produksi gas secara nasional mencapai 8.827 MMSCFD atau telah melampaui target yang ditetapkan dalam APBN-P 2010 sebesar 7.758 MMSCFD.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya