SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (JIBI/Solopos/Dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendesak semua pihak serius menegakkan aturan hukum terkait dengan terjadinya over eksploitasi ikan di wilayah pantai utara Jawa Tengah untuk menjaga kelangsungan ekosistem.

“Menyikapi over eksploitasi ikan atau over fishing  itu sebenarnya ada banyak regulasi didalamnya seperti siapa yang boleh menangkap ikan di suatu wilayah dan kapasitas kapalnya,” katanya seperti dikutip Antara, Rabu (20/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Ganjar, masyarakat yang tinggal di pesisir pantai juga harus mempersiapkan diri untuk tidak hanya fokus pada perikanan tangkap saja guna menghidupi kelurga sehari-hari.

“‘Aqua culture harus bisa berjalan dan masyarakat bisa menerapkan teknologi budidaya pada bermacam-macam hasil laut seperti rumput laut, kerang, serta ikan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pengolahan menjadi tepung dari bagian tubuh ikan hasil tangkapan yang tidak terpakai juga perlu dilakukan oleh masyarakat.

Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah mengungkapkan telah terjadi over eksploitasi sumber daya ikan di wilayah pantai utara provinsi setempat sehingga mengakibatkan menurunnya jumlah tangkapan ikan para nelayan.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengelolaan Sumber Daya Ikan Dinlutkan Jateng Kurniawan menjelaskan bahwa salah satu penyebab over eksploitasi sumber daya ikan itu adalah banyak terjadi pelanggaran jalur penangkapan ikan dari aturan yang sudah ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya