SOLOPOS.COM - UMKM Jateng berpartisipasi dalam pameran Festival Joglosemar Artisan of Java yang diselenggarakan di Taman Lumbini kawasan Candi Borobudur Magelang, Kamis (21/5/2021). (Bisnis: Farodlilah Muqoddam)

Solopos.com, MAGELANG — Beragam produk usaha mikro, kecil, dan menengah asal Jawa Tengah akan segera dipamerkan di Tokyo Jepang dan London Inggris. Pengiriman aneka produk unggulan UMKM Jateng ke pameran di Tokyo dan London itu dilakukan agar bisa menjangkau para calon pembeli dari wilayah tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Pribadi Santoso mengatakan bahwa perluasan target pasar ke Tokyo dan London dilakukan setelah BI Jateng sukses menyelenggarakan Pameran UMKM Gayeng Monco Negoro di Suntec City Mall, Singapura.  Saat ini, Pameran UMKM Gayeng Monco Negoro di Suntec City Mall Singapura itu masih berlansung untuk periode 16 April—23 Mei 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Ilmuwan AS Tuntut WHO Investigasi Ulang Covid-19

Ekspedisi Mudik 2024

Pribadi mengatakan transaksi dari 24 UMKM asal Jateng yang berpameran di Singapura tersebut telah mencapai sekitar Sin$20.000 dan diperkirakan akan terus meningkat, mengingat minat pengunjung terhadap produk kerajinan tersebut sangat baik.    Jumlah pengunjung yang datang ke pameran tersebut selama tiga minggu pertama tercatat sekitar 2.000 orang.

“Singapura itu pilot project sekaligus tes pasar luar negeri. Ke depan akan kami selenggarakan di Tokyo dan London,” ujarnya, Kamis (20/5/2021).

Promosi Nasional

Di ranah nasional, BI Jateng terus menyelenggarakan program promosi produk unggulan UMKM di berbagai wilayah, khususnya Jateng. Bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian, BI Jateng menyelenggarakan Festival Joglosemar Artisan of Java di sejumlah tempat yakni Solo, Tegal, Purwokerto, Semarang. Puncak acara festival diselenggarakan di Taman Lumbini kawasan Candi Borobudur Magelang.

Acara tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun lalu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya