Produk UKM Jateng Naik Kelas

produk UKM Jateng dipasarkan di hotel-hotel milik Accor Group, perusahaan perhotelan asal Prancis yang memiliki jaringan hotel di seluruh Indonesia.

 
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, didampingi Kepala Dinkop UKM Jateng, Ema Rachmawati bersama romobongan melihat produk UKM asal Jateng yang dipasarkan di Novotel Semarang, Senin (5/4/2021). (Imam Yuda S./Solopos)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, didampingi Kepala Dinkop UKM Jateng, Ema Rachmawati bersama romobongan melihat produk UKM asal Jateng yang dipasarkan di Novotel Semarang, Senin (5/4/2021). (Imam Yuda S./Solopos)

Solopos.com, SEMARANG–Produk-produk usaha kecil menengah (UKM) asal Jawa Tengah (Jateng) terus melebarkan sayap pemasarannya.

Kali ini, produk UKM Jateng dipasarkan di hotel-hotel milik Accor Group. Accor Group yang merupakan perusahaan perhotelan asal Prancis itu memiliki jaringan hotel di seluruh Indonesia.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Meski demikian, baru ada empat hotel milik Accor Group di Jateng dan Jawa Timur (Jatim) yang saat ini telah memasarkan produk UKM asal Jateng.

Baca Juga: Jamin Kecukupan Stok Pangan, Kementan Dan PT Pertani Genjot Serap Gabah Di Kendal

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop-UKM) Jateng, Ema Rachmawati, menyebut saat ini sudah ada empat hotel milik Accor Group yang sudah menjalin kerja sama dengan UKM dari Jateng.

Kerja sama tersebut memiliki nilai kontrak mencapai Rp1,5 miliar per tahun selama dua tahun.Nantinya, produk-produk UKM asal Jateng itu bisa dipasarkan di hotel tersebut dengan ditempatkan di lobi, minibar, hingga kamar-kamar hotel.

“Untuk tahap pertama ini, ada 43 UKM yang produknya dipasarkan di hotel-hotel milik Accor Group, seperti Novotel Semarang, Novotel Solo, dan Ibis Simpang Lima Semarang. Ke depan, kita akan perbanyak lagi. Minimal satu hotel itu ada lima produk UMKM kita,” tutur Ema saat dijumpai Solopos.com di sela-sela acara UKM Network Business Fair di Novotel Semarang, Senin (5/4/2021).

Baca Juga: Makin Diminati, Jumlah Pengguna KRL Jogja - Solo Melonjak

Ema mengaku geliat UKM di Jateng saat ini memang tengah mengalami kemajuan cukup pesat. Total saat ini sudah ada 4,1 juta UKM yang terdaftar di Dinkop UKM Jateng. Jutaan UKM itu pun berpeluang mengenalkan maupun memasarkan produknya di hotel-hotel berbintang.

Syaratnya, kualitas produknya harus sesuai dengan standar internasional atau keinginan dari pelanggan.

“Makanya, kita minta pelaku UKM di Jateng untuk terus melakukan inovasi dan memperbaiki kualitas produknya. Kita juga akan membantu dengan melakukan kurasi produk-produk itu sesuai permintaan hotel,” tuturnya.

Baca Juga: Presiden Minta Plafon KUR Tanpa Jaminan Naik Jadi Rp100 Juta, Berapa Suku Bunganya?

Mengembangkan Produk

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku akan terus mengembangkan produk-produk UMKM di Jateng agar bisa diterima masyarakat luas. Salah satu upaya itu yakni bekerja sama dengan dunia perhotelan.

“Saya sangat berterima kasih dengan Accor Hotel ini karena mau menerima produk UKM Jateng. Produk UKM kita bisa ditaruh di hotelnya. Ada kopi, busana, dan lain-lain sehingga tamu bisa langsung mencicipi produk lokal kita,” ujarnya.

Ganjar juga meminta pelaku UKM di Jateng untuk terus mengembangkan produknya agar semakin diterima pasar. “Produknya juga harus bagus. Kalau belum bagus ya maaf, belum bisa dipasang di sini,” imbuhnya.

Baca Juga: Keputusan Larangan Mudik Sudah Final, Apa Dampaknya Bagi Perekonomian?

Senior Vice President Operations and Government Relations of Accor Group for Indonesia and Malaysia Adi Satria menyampaikan, langkah ini merupakan upaya nyata ikut membantu pemulihan ekonomi nasional.

“Kami antusias untuk terlibat secara aktif mulai dari proses kurasi produk UMKM, kemudian mempromosikan dan memanfaatkan produk-produk tersebut di manapun hotel-hotel Accor berada, di berbagai destinasi di Indonesia,” ucapnya.

Adi menambahkan, selain itu dukungan kepada UMKM diberikan oleh hotel-hotel Accor di Indonesia melalui sebuah program bernama “Rediscover Indonesia”. Program tersebut dihadirkan di lebih dari 130 hotel-hotel Accor pada 30 destinasi di Indonesia.

Baca Juga: Keputusan Larangan Mudik Sudah Final, Apa Dampaknya Bagi Perekonomian?

Menurutnya, program itu menawarkan pengalaman menginap sambil menjelajahi seni dan budaya unik di Indonesia serta menikmati pengalaman lokal ikonik dengan produk dari para pelaku UMKM yang telah dikurasi.

Rediscover Indonesia memungkinkan para tamu untuk menghargai dan mencintai alam, budaya, dan adat istiadat melalui empat pilar, yakni kuliner, seni dan budaya, kesegaran dan kesehatan, serta destinasi.

Terpisah, CEO Accor Southeast Asia, Japan, South Korea Garth Simmons menyampaikan rasa bangga dan terhormat, karena dapat melanjutkan komitmen grup untuk terus mendukung Pemerintah Indonesia. Melalui upaya itu diharapkan, dapat mengembangkan pelaku UMKM, serta turut menyukseskan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      PT Widodo Makmur Perkasa Tbk & Dompet Dhuafa Beri Bantuan Korban Gempa Cianjur

      PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP atau WMP) berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, bergerak cepat mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi Cianjur.

      Telkom Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Ajang Anugerah Media Humas 2022

      Anugerah Media Humas 2022 diikuti humas dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, perusahaan BUMN dan BUMD, hingga humas perguruan tinggi negeri.

      Nominal Limit Transfer BCA Berdasarkan Jenis Kartu

      Berikut adalah informasi terkait batas atau limit transfer dari BCA yang dibedakan berdasar jenis kartu.

      Disebut Layak Jadi Panglima TNI, Segini Harta Kekayaan Yudo Margono

      Sebagai bagian dari penyelenggara negara, harta kekayaan Yudo Margono wajib dilaporkan secara rutin ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

      Bangga! 2 Tahun Beruntun, BRI Raih Peringkat Tertinggi di Ajang ASRRAT 2022

      Skor BRI dalam ESG Risk Rating dari Sustainalytics tercatat mengalami perbaikan secara konsisten.

      Presiden: Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72 Persen di Tengah Resesi Global

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah ancaman badai resesi yang dialami sejumlah negara di dunia.

      Hyundai Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Senilai Rp2 Miliar

      T Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) bersama-sama memberikan donasi kepada para korban gempa di Cianjur.

      Liburan Lancar di Akhir Pekan, Simak Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja pada hari ini, Sabtu (2y6/11/2022).

      BI Perkirakan Inflasi Mencapai 0,18 Persen pada November 2022

      Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada November 2022 mencapai 0,18 persen dibandingkan bulan sebelumnya atau month-to-month (mtm).

      Penggemar Vespa Merapat! Piaggio Mau Bawa Motor Listrik ke Indonesia

      Pemerintah Indonesia telah berbincang dengan produsen Vespa, Piaggio Group, untuk menghadirkan motor listrik ke Tanah Air.

      262 Unit Mobil Listrik Ioniq 5 Eks G20 Bali Siap Dilego, Berminat?

      PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akan menjual mobil listrik Ioniq 5 bekas kendaraan operasional G20.

      Wow...! Target Penjualan Mobil pada 2023 Nyaris Tembus 1 Juta Unit

      Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan proyeksi penjualan pada 2023 akan meningkat sedikit dibandingkan target penjualan pada 2022.

      KA Blambangan Ekspres Jurusan Semarang-Banyuwangi Diluncurkan, Ada Promonya!

      PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) meluncurkan KA Blambangan Ekspres dengan rute Banyuwangi-Semarang pulang pergi (PP) menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

      JNE Bebaskan Biaya Pengiriman Bantuan Gempa Cianjur

      JNE juga bekerja sama dengan berbagai pihak atau lembaga yang akan menyalurkan bantuan ke korban gempa Cianjur.

      Kominfo Siapkan Aturan untuk Lindungi Reseller, Ini Poinnya

      Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana menyusun payung hukum untuk melindungi jasa jual kembali (reseller) di Tanah Air.

      Masifkan Literasi Keuangan, OJK akan Libatkan Kepala Desa Jadi Agen Literasi

      OJK Regional 3 Jawa Tengah (Jateng) dan DIY akan menjalankan program literasi dan inklusi keuangan dengan melibatkan kepala desa atau lurah sebagai agen di lapangan.