SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA: Produk home industry dari Jogja ternyata memiliki kualitas yang bagus sehingga mampu menembus ekspor. Salah satunya adalah produk peralatan bela diri seperti pencak silat yang sudah tembus ke pasar Eropa dan peralatan taekwondo yang dikirim ke pasar Asia Tenggara.
“Kita kirimnya masih dalam jumlah yang kecil sehingga tidak menggunakan kontainer dan tidak kita jual ke distributor melainkan langsung ke toko-toko kecil atau perguruan silat di luar negeri,” jelas  Yoyok Suryadi, pemilik Kenji Martial Arts Shop, Kamis (26/2) ketika ditemui di kantornya.
Jadi pengiriman tersebut sesuai dengan pesanan dan hingga kini, Yoyok mengaku belum dapat memenuhi semua kebutuhan pesanan pelanggannya karena sifatnya masih hand made.
Di tokonya, Yoyok menyediakan berbagai keperluan atlet bela diri, mulai dari baju hingga pelindung yang biasa digunakan oleh atlet bela diri. Dan ia pun mengutamakan kualitas sesuai standar internasional.
“Mayoritas barang kita ambil dari pasar lokal yakni Pekalongan, Solo, dan Bandung. Sedangkan untuk impor masih kecil proporsinya,” ungkapnya seraya menambahkan setiap bulan rutin ada pemesanan barang dari luar negeri.
Salah satu brand produk yang dia buat diberi nama Jireugi dan telah ia registerkan dan berstandar internasional. Sedangkan yang lebih murah adalah merek yaige.
Harga per item baju pencak silat dia patok Rp60.000, dan kalau untuk ekspor harganya dia naikkan sedikit. Hal itu dilakukan karena persaingan harga dari kompetitor yang ada di luar negeri sangat ketat. Terutama dari China dan Vietnam karena harganya lebih murah.
Permintaan paling banyak, menurut Yoyok, adalah seragam beladiri. Sekitar 50% dari total barang yang dia produksi adalah seragam bela diri dan sisanya protektor dan aksesori lainnya.
Sedangkan untuk aksesoris ia mengaku ada inovasi-inovasi lain untuk menarik minat konsumen. Tetapi dia tidak memproduksi secara massal aksesoris tersebut. (Feronika Werdiningsih Harian Jogja)

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya