SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Sejumlah pedagang Pasar Klewer menuntut pemilihan Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) digelar ulang secara demokratis dan terbuka.

Mereka bahkan mengancam akan membentuk paguyuban tandingan jika pengurus paguyuban yang beranggotaan seribuan lebih pedagang itu tetap mengesahkan hasil pemilihan yang dinilai melanggar AD/ART. ”Pemilihan HPPK itu tak transparan dan kental dengan kepentingan di belakangnya. Kami menuntut agar DPP (Dinas Pengelolaan Pasar-red) menjembatani pemilihan ulang,” tegas Inayah, salah satu pedagang Pasar Klewer kepada Solopos.com di rumahnya, Selasa (12/7/2011).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini, Inayah bersama para pedagang Klewer lainnya tengah menghimpun para pedagang lainnya untuk bersatu menolak hasil pemilihan Ketua HPPK. Pengurus HPPK lama, menurutnya, sengaja menyumbat aspirasi pedagang Klewer dan selalu berupaya melanggengkan kepengurusan HPPK. ”Mereka selama ini yang selalu menolak rencana pembangunan kembali Pasar Klewer. Padahal, banyak pedagang yang menghendakinya,” paparnya.

Sejumlah kejanggalan terkait pemilihan HPPK itu antara lain adanya polling yang mengarah pada calon tertentu. Polling itu bahkan digelar sebelum pengurus HPPK mempertanggungjawabkan kepengurusanya kepada pedagang. ”Bahkan, isi undangannya saja nggak bener. Katanya untuk musyawarah, ternyata isinya pemilihan Ketua HPPK,” papar Sholahudin, pedagang lainnya.

Menanggapi hal itu, pengurus HPPK lama, Tri Suwarni, membantah keras tudingan pedagang yang menolak hasil pemilihan HPPK. Menurutnya, semua proses dan mekanisme pemilihan Ketua HPPK telah sesuai prosedur AD/ART. Bahkan, pemilihan tersebut jauh lebih efektif dan efisien dibanding pemilihan pada periode sebelumnya. ”Pemilihan pada tahun-tahun sebelumnya sangat boros dan melelakan. Makanya, kami bikin polling agar lebih efektif,” paparnya.

Pedagang lainnya, Durrotun juga menyatakan hal serupa. Menurutnya, terpilihnya kembali Abdul Kadir sebagai Ketua HPPK telah direstui para pedagang melalui lembar polling. ”Kami telah menyebarkan kertas polling sebanyak 1.329 lembar. Hasilnya, 1.053 pedagang setuju Pak Kadir dipilih kembali sebagai Ketua HPPK,” paparnya.

asa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya