SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dinilai seremonial belaka.

Obama tidak mengutarakan komitmen konkret terkait kerjasama Indonesia dan Amerika Serikat maupun dunia luar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Akhirnya simpati yang telanjur diberikan ya perhatian lebih rupanya kunjungan singkat ini pertemuan hanya seremonial di Istiqlal dan Taman Pahlawan, mengecewakan,” kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/11).

Ekspedisi Mudik 2024

Priyo berharap Obama menengok pengungsi Gunung Merapi. Menurut Priyo, Obama hanya mengikuti rute kunjungannya saja. Pembicaraan dengan SBY juga dinilai tidak ada hasilnya.

“Saya kira tidak ada, pertemuan singkat itu tidak memberi resonansi. Saya sebenarnya titipkan masalah Palestina agar jangan intervensi,” ujar Priyo.

Keluhan senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPR dari PDIP, Pramono Anung. Pram sulit meraba hasil positif pertemuan SBY dengan Obama yang terlalu singkat.

“Saya kira kesepakatannya hanya bersifat umum tidak ada yang secara khusus membahas peningkatan investasi ke Indonesia,” ucap Pram.

Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin berharap Obama lebih konkret dan merealisasikan gagasan yang disampaikan kepada SBY saat kembali kerja di Gedung Putih.

“Saya kira seharusnya Obama mengutarakan sikap konkret tidak mencampuri urusan Palestina,” ujar Lukman.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya