Priyo: Jakarta Darurat Tawuran Pelajar!
ilustrasi (google img)
ilustrasi (google img)

JAKARTA-- Dalam satu pekan terjadi dua kali tawuran pelajar maut di Jakarta. Jakarta saat ini darurat tawuran pelajar, pemerintah daerah bersama Kemendikbud dan pihak terkait harus mengambil langkah secepatnya.

"Ini sudah darurat, saya meminta gubernur, bersama kepala sekolah, dan Mendikbud mengambil langkah-langkah agar tawuran seperti ini tidak terjadi lagi," kata Wakil Ketua DPR bidang Polkam, Priyo Budi Santoso, kepada detikcom, Kamis (27/9/2012).

Menurut Priyo, tawuran pelajar yang sampai memakan korban jiwa adalah tindakan kriminal. Aparat kepolisian didorongnya untuk segera menangkap dan menindak pelakunya sesuai dengan aturan hukum.

"Karena ini sudah kriminal saya minta polisi menangkap siapapun pelakunya karena ini adalah tindakan kriminal yang sudah memakan korban jiwa," tegas Priyo.

Priyo meminta Mendikbud M Nuh tak meremehkan persoalan ini. Tindakan tegas harus dilakukan agar menimbulkan efek jera di kalangan pelajar yang gemar membuat onar dengan tawuran.

"Kita tidak boleh mentorerir supaya ada shock therapy sembari pemerintah menyiapkan langkah antisipasi dan penindakan,"tandasnya.

Kemendikbud memang telah memutuskan membentuk satuan tugas untuk mencari cara mencegah terulangnya aksi tawuran antar pelajar. Satuan tugas yang dibentuk di perkotaan dengan kerawanan masalah sosial tinggi tersebut akan bekerjasama dengan kepolisian setempat.

"Terus terang kalau masalah di luar sekolah, kita tidak bisa sendirian. Sweeping secara reguler di kendaraan-kendaraan umum oleh kepolisian bisa dilakukan," kata Mendikbud M Nuh di Kantor Kemendikbud, Jl Sudirman, Jakarta, Rabu (26/9/2012).

Satgas yang dibentuk ini sedianya untuk kasus tawuran menahun antara pelajar SMA 6 vs SMA 70, Bulungan, Jakarta Selatan. Tapi cakupan akhirnya diperluas menyusul aksi tawuran lain antar pelajar yang juga memakan korban jiwa di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu sore. Dua tawuran tersebut memakan masing-masing satu korban jiwa.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom