Prihatin, Kelurahan Mandan Sukoharjo Sediakan Internet Gratis Bagi Pelajar
Pendapa Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo, yang dipasangi wifi gratis untuk pelajar agar bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat masa pandemi Covid-19, Kamis (13/8/2020). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Prihatin dengan kondisi warganya, Pemerintah Kelurahan Mandan, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo, menyediakan jaringan Internet nirkabel atau wifi gratis bagi pelajar.

Para pelajar bisa memanfaatkan wifi gratis di pendapa kantor kelurahan untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Lurah Mandan, Junarto, mengaku kerap mendapat keluhan dari para orang tua/wali siswa yang kesulitan membeli kuota Internet untuk PJJ anak mereka.

Mereka punya kebutuhan lain yang lebih prioritas seperti membeli kebutuhan pokok sehari-hari-hari seperti beras, minyak goreng, dan gula pasir. “Banyak ibu-ibu yang mengeluh tak bisa membeli kuota Internet. Kami prihatin kemudian berinisiatif menyediakan wifi gratis bagi para pelajar untuk menunjang metode PJJ,” kata dia saat ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis (13/8/2020).

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos, Antrean Buka Rekening di Bank Ikut Membeludak

Para pelajar Sukoharjo bisa memanfaatkan jaringan Internet gratis yang dipasang di pendapa kantor Kelurahan Mandan, Sukoharjo. Ada meja dan kursi yang bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas sekolah setiap hari.

Dengn begitu, orang tua/wali murid tak perlu membeli kuota Internet setiap bulan. Menurut Junarto, tak sedikit orang tua/wali murid yang berpenghasilan pas-pasan dan hanya cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Pelajar Luar Daerah

“Kami ingin membantu para siswa yang berasal dari keluarga tak mampu yang tak bisa membeli kuota Internet. Uang Rp70.000 hingga Rp100.000 bisa digunakan untuk membeli beras dan gula pasir,” ujar dia.

Duh, Kepala SD di Madiun Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Menurut Junarto, para pelajar dari daerah luar Sukoharjo juga tak dilarang memanfaatkan Internet gratis di Kantor Kelurahan Mandan. Misalnya, para pelajar dari daerah yang bersebelahan seperti Kelurahan Joho dan Desa Pondok, Kecamatan Nguter.

Dalam waktu dekat, Junarto bakal melayangkan surat resmi ke sejumlah sekolah di wilayah Mandan. “Kami akan berkoordinasi dengan beberapa sekolah agar para guru bisa melakukan pendampingan saat ada siswa yang kesulitan menggarap naskah soal. Tak semua siswa bisa mengerjakan naskah soal secara cepat,” papar dia.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Mandan, Sony, mengatakan para siswa jenjang SD-SMA dan sederajat bisa mengakses Internet tanpa dipungut biaya.

Deklarasikan Solo Hebat, Komunitas Ini Ingin Wujudkan Pilkada Yang Asyik dan Menggembirakan

Para pelajar SD dan SMP di Sukoharjo bisa memanfaatkan jaringan Internet gratis pada pagi hari-siang hari. Sementara para siswa SMA dan mahasiswa bisa mengakses Internet pada sore hari.

Aktivitas belajar secara online di pendapa kantor kelurahan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air dan physical distancing.

“Di sekitar pendapa kantor kelurahan disediakan tempat mencuci tangan. Para pelajar bisa belajar di meja dan kursi yang diberi jarak minimal satu meter,” kata dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom