Prihatin Kasus Narkoba Tinggi, Kejari Solo Terjun ke Sekolah-Sekolah

Prihatin dengan angka kasus penyalahgunaan narkoba yang tinggi, Kejari Solo turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada pelajar untuk menjauhi narkoba.

 Ilustrasi antinarkoba (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi antinarkoba (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Tingginya jumlah kasus penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang atau narkoba di Kota Solo menjadi keprihatinan tersendiri bagi Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat. Untuk itu sosialisasi pun terus dilakukan, terutama di kalangan pelajar.

Kepala Kejaksaan Negeri Solo, Prihatin, mengatakan kasus narkoba di Solo masih sering muncul. Total yang telah dilimpahkan ke Pengadilan pada 2021 kemarin mencapai 149 kasus. “Kalau yang kami tangani, ya jumlahnya sama seperti yang dilimpahkan polisi,” katanya kepada wartawan awal pekan kemarin.

PromosiInsentif Fiskal untuk Mewujudkan Ambisi Penggunaan Kendaraan Listrik

Baca Juga: Polresta Solo Ungkap 8 Kasus Narkoba, 10 Orang Ditangkap

Dalam rangka mengantisipasi merebaknya kasus narkoba, Kejari Kota Solo pun turut berpartisipasi melakukan sosialisasi. Salah satu sasarannya adalah kalangan pelajar.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Solo, Surya F Diansyah, kepada Solopos.com, Kamis (27/1/2022), mengatakan belum lama ini melakukan sosialisasi di SMA Negeri 1 Solo. Salah satu materinya adalah mengenai bahaya narkoba.

Baca Juga: Kriminalitas Solo: Kasus Pencurian Turun, Narkoba Naik

“Selalu kami sampaikan mengenai bahaya narkoba ini. Kami sampaikan kasus di Solo ini sudah tinggi. Teman-teman di sekolah harus hati-hati. Pertama jauhi rokok dulu sebagai pintu masuknya,” katanya, Kamis.

Jaksa Masuk Sekolah

Surya melanjutkan kegiatan sosialisasi itu merupakan bagian dari program Jaksa Masuk Sekolah. “Kami rencanakan nanti ada kegiatan rutin untuk itu dan waktu sebulan sekali. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman,” lanjutnya.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru, Polisi Gagalkan Peredaran Sabu-Sabu Dekat DPRD Solo

Selain bahaya narkoba, sosialisasi juga mengarah pada pemahaman aturan lalu lintas, UU ITE, bullying, dan sebagainya. Diharapkan para generasi muda di Solo memiliki pemahaman yang lebih terhadap hal-hal yang disampaikan sehingga menjadi generasi yang lebih baik.

Dalam kegiatan tersebut Kejari Solo melakukan pendekatan kepada para guru di sekolah. Dengan begitu pemantauan di sekolah bisa berjalan lebih optimal.

Baca Juga: Misterius, Jeruk Berisi Benda Diduga Sabu-Sabu Dilempar ke Rutan Solo

Sementara itu berdasarkan data Polresta Solo, jumlah kasus narkoba pada 2020 sebanyak 136 kasus. Kemudian pada 2021 sebanyak 139 kasus atau meningkat 2,21%.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan pada awal 2022, tepatnya hingga pertengahan Januari, Polresta Solo telah mengungkap delapan kasus penyalahgunaan narkoba. Dari jumlah tersebut total ada 10 orang yang ditangkap.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

+ PLUS Pentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

Setelah puluhan tahun Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) bungkam mengenai fenomena UFO (Unidentified Flying Object) atau benda terbang tak dikenal, akhirnya mereka buka suara pada audiensi publik pertama, Selasa (17/5/2022), yang dapat ditarik kesimpulan bahwa fenomena tersebut bukan fiksi dan dianggap sebagai ancaman serius.

Berita Terkini

Korban Google Maps, Mobil Nyasar di Tengah Alas Dekat Grojogan Sewu

Mobil Toyota Avanza berpelat luar kota ditemukan warga di jalan setapak di tengah alas dekat Grojogan Sewu, Karanganyar, tanpa pengemudi. Pengemudi nyasar karena mengikuti google map.

Alhamdulillah, 1.977 Guru PPPK di Klaten Akhirnya Terima SK

Sebanyak 1.977 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru akhirnya menerima surat keputusan (SK) pengangkatan dan penandatanganan perjanjian kerja.

Picu Macet, Kecelakaan di Penggung Boyolali Libatkan Truk, Mobil, Motor

Kecelakaan melibatkan sebuah truk Hino bernomor polisi AD 1770 OC, mobil berpelat nomor DK 1446 HL serta sebuah sepeda motor yang terparkir di depan warung makan kaki lima.

3 Atlet Asli Klaten Unjuk Gigi di SEA Games Vietnam, Begini Kata Bupati

Setidaknya ada tiga atlet asal Klaten yang masuk kontingen Indonesia pada SEA Games 2021 di Vietnam.

Ini Kisah Lengkap KKN Rumah Kosong Klaten, Serem Lur!

Inilah kisah lengkap penuh misteri dari pengalaman KKN di Rumah Kosong Klaten.

Tragedi Tabung Gas Bocor di Mojosongo Solo, 2 Nyawa Melayang

Dua orang meninggal dunia akibat luka bakar tersambar api dari gas bocor di lokasi industri tahu dan tempe Mojosongo, Jebres, Solo.

Ini Politikus PDIP yang Berpotensi Gantikan Sukamto di DPRD Sragen

Naniek Budhi Darmawati berpotensi jadi anggota DPRD Sragen menggantikan Sukamto yang meninggal dunia pada Rabu (18/5/2022).

BPS Wonogiri Adakan Sensus Penduduk Lanjutan, untuk Apa?

Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengadakan sensus penduduk lanjutan pada Mei-Juni 2022. Sensus tersebut merupakan tahapan kedua sensus penduduk 2020.

Sumeni, Mata-Mata Sragen Legendaris Penakluk Tentara Belanda

Indonesia memiliki salah satu mata-mata legendaris semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Sumeni salah satunya. Ia dikenal dengan kehebatannya "menaklukkan" tentara Belanda di Sragen.

1 Jam, Bupati Jekek Bicara Rentenir hingga Kemiskinan di Wonogiri

Selama lebih kurang satu jam, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir, kaum boro, hingga pengentasan kemiskinan.

Breaking News! Jalan Solo-Semarang di Boyolali Macet, Ada Kecelakaan

Akibat kecelakaan tersebut arus lalu lintas di jalur Solo-Semarang maupun sebaliknya tersendat.

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).